Umar-bin-Abdul-Aziz-sang-khalifah

Umar bin Abdul Aziz RA

Posted on

Kisahsejarah.id , Kisah seorang Khalifah sekaligus pemimpin yang saleh, bijaksana, dekat dengan rakyatnya , Sosok ini membuat sosok ini membuat banyak orang penasaran untuk mengenalnya. itulah Umar bin Abdul Aziz, Umar bin Abdul Aziz bin Marwan bin Al-Hakam bin Abu Al-Ash bin Umayyah bin Abd Syams bin Manaf.

ayah umar yaitu Abdul Aziz bin Marwan Menikah dengan Perempuan Sholaha yaitu Laila binti Ashim bin Umar bin Khattab

Umar-bin-Abdul-Aziz-ibu

Biografi Umar bin Abdul Aziz

Amirul Mukminin Umar atau yang dikenal dengan Umar bin Abdul Aziz, Beliau merupakan seorang khalifah yang sempat berkuasa di usianya yang ke 34 tahun pada tahun 717, Beliau berkuasa selama 3 tahun pada masa itu , Meskipun tergolong singkat namun beliau berupakan seorang khalifah yang terkenal akan ke salehan nya.

Beliau berasal dari Bani Umayyah dan juga merupakan sepupu dari khalifah Sulaiman bin ‘Abdul-Malik. Beliau Lahir pada tahun 682 di Madinah namun ada sebagian sumber menyebutkan di Mesir pada masa pemerintahan Yazid bin Muawiyah. Ayah beliau adalah Abdul Aziz keturunan dari khalifah Khalifah Marwan bin Al Hakam yang merupakan sepupu dari Utsman bin Affan . Umar lahir dari seorang Ibu bernama Laila Ummu Ashim binti Ashim bin Umar bin Al-Khathab yang merupakan Cucu dari Umar Bin Khattab.

Disuatu hari di kota madinah, ada serang gadis penjual susu yang sangat jujur, singkat cerita Khalifah Umar Ibnu Khatab, Bertanya kepada anak anaknya, adakah dari kalian yang ingin menikah? lalu salah satu anaknya Ashim menjawab: Aku belum Beristri, Maka nikahkanlah aku, Akhirnya umar Melamar Gadis Penjual susu yang jujur itu untuk anaknya Ashim, Dari Pernikahan Ashim maka lahirlah Seorang putri cantik, yaitu Layla binti ashim. Layla ini adalah ibu dari Umar bin Abdul Aziz.

Masa Kecil Umar dihabiskan di kota Mesir pada masa itu merupakan wilayah kekuasaan ayahnya. Umar Menghabiskan masa mudanya dengan menjalin hubungan erat dengan perawi hadist dan orang orang shaleh.Pada usia remaja beliau menikah dengan seorang gadis bernama Fatima bint Abd al-Malik.

Baca Juga: Wanita Pengukir Sejarah Islam

Prestasi Khalifah Umar

Pada Usia 24 Tahun Umar  diberikan kepercayan sebagai pegawas pelaksanan dalam merenovasi Masjid Nabawi. Beliau memiliki keberanian memberantas kezaliman,Kebijakan yang beliau buat selama memerintah sangat berjasa bagi kejayaan umat islam. Beliau menerapkan syariat Islam secara utuh dengan bantuan para ulama besar seperti Hasan Bashri.

Umar-bin-Abdul-Aziz2

Umar  Memiliki perhatian tinggi terhadap ilmu, dialah yang mengusulkan atas pemindahan sekolah kedokteran yang berada di Iskandaria Mesin ke Antakiya Turki, Beliau bersikap lunak musuh musuh politiknya, ia juga melarang kaum muslim mengecam Ali bin Abi Thalib. Belaiu mengirim utusan keberbagai daerah untuk memantau bagaimana kinerja para gubernur, ia tidak segan segan akan memecat mereka jika menemukan penyimpangan.

Pada bidang militer ,Beliau tidak memiliki keinginan membangun sebuah angkatan perang namun beliau lebih mengutamakan kemakmuran rakyatnya oleh karena itu beliau menghentikan pengepungan konstatinopel dan penyerbuan ke Asia.

Pada bidang ekonomi beliau membuat kebijakan yang sangat melindungi rakyat, pada masa pemerintahanya orang orang kaya membayar zakat sehingga kemakmuran yang merata benar benar terwujud, pada masa itu sulit menemukan para penerima zakat dikarenakan kemakmuran rakyat yang merata.

Beliau selalu berada di garda terdepan dalam menjalankan kebijakan- kebijakan yang terlah dibuat , jika beliau menyuruh orang untuk bersikap sederhana beliau lebih dahulu melakukan itu, Beliau menolak menggunakan fasilitas negara dan menjual harta nya yang kemudian uang hasil penjualan dimasukan ke kas negara (Baitul Mal).

Baca Juga : Abu Bakar Ash-Shiddiq RA

Khalifah Umar Bin Abdul Aziz

Umar-bin-Abdul-Aziz2

Umar diangkat sebagai seorang khalifah pada tahun 717 diusianya ke 34 tahun.Beliau memerintah selama dua setengah tahun dengan membuat kebijakan kebijakan yang sangat membantu rakyat kecil, Beliau sangat berjasa dalam perkembangan Islam, sikapnya yang berwibawa serta sederhana membuat sosok beliau sangat dicintai oleh rakyatnya.

Baca Juga : Kisah Khalid Bin Walid RA

Wafat Umar Bin Abdul Aziz

Beliau Wafat Pada 720 M dengan cara diracun oleh keluargannya sendiri akibat perebutan kekuasaan pada masa pemerintahan Abdul-Malik.

Demikian sedikit penggalan kisah Khalifah Umar bin Abdul Aziz yang berjuang di jalan Allah menumpas kebatilan, semoga kebaikan dan sifat mulia beliau dapat menjadi teladan bagi kita semua, Aamiin.