SUMPAH PEMUDA

Sumpah Pemuda

Posted on

Salam KisahSejarah.id , Pada masa sebelum tercetusnya Sumpah Pemuda, Indonesia selalu mengalami kegagalan dalam mengusir penjajah, Seperti Portugis yang menjajah Indonesia wilayah timur yang untuk menguasai Rempah-Rempah. Namun Pejuang Indonesia gagal lagi untuk mengusir Portugis.

Pada masa Perjuangan, para pejuangan Indonesia hanya memperjuangkan wilayah mereka masing-masing, seperti wilayah jawa tengah di perjuangkan oleh Pangeran Diponegoro, Cut Nyakdien Di wilayah Aceh, Dan Tuanku Imam Bonjol di wilayah Sumatra. Perjuangan yang tidak bersatu akan sangat mudah di kalahkan oleh Penjajah.

Baca Juga : Tokoh Nasional Indonesia

Pada awal masa perjuangan, para pejuang hanya memperjuangkan wilayahnya sendiri. Pangeran Diponegoro hanya memperjuangkan wilayahnya sendiri di daerah Jawa Tengah, Cut Nyak Dien di Aceh, dan Tuanku Imam Bonjol di Sumatra Barat. perjuangan kala itu adalah perjuangan yang bersifat sukuisme atau kesukuan.

Selain hanya bersifat kedaerahan, perjuangan juga sangat bergantung kepada pemimpin. Ketika pemimpin masih ada dan ikut berjuang, rakyat pun dengan sukarela dan penuh semangat berani melawan penjajah. Tetapi saat sang pemimpin sudah tertangkap, perjuangan berakhir begitu saja dan menyerah pada penjajah.

Oleh sebab itu pemuda Indonesia berjuang bersatu melakukan perlawanan dan mengusir penjajah dari tanah air ,Mereka bersatu dan berkumpul untuk mengikrarkan diri untuk mencapai cita-cita bersama melalui sumpah pemuda.

Latar Belakang

Latar Belakang Lahirnya Sumpah Pemuda,Tahun 1908 berdirinya BUDI UTOMO yang di dukung oleh Dr. Sutomo, Dr. Cipto Mangun Kusumo, dan EFE. Douwes Dekker Indonesia mulai bangkit bersatu. Organisasi ini didirikan dengan tujuan Membangun Indonesia yang lebih baik, Memajukan bidang Pendidikan, Pertanian dan Kebudyaan.

Baca Juga : Kisah Sejarah Bung Tomo

Organisasi-Organisasi Kepemudaan di bawah BUDI UTOMO di antaranya , Tri Joko Darmo ( Jong Java) Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Jong Betawi, Jong Minahasa, Sekar Rukun dan Pemuda Timor.Banyak pemuda-pemuda daerah yang sangat bersemangat berjuang tapi belum mempunyai rasa bersatu, Sehingga sulit untuk mewujudkan cita-citanya.

Dari organisasi inilah banyak muncul cikal bakal terlahirnya sumpah pemuda. salah satu organisasi yang sangat bersemangat dan paling gencar adalah PERHIMPUNAN INDONESIA (PI).

Pemuda- Pemuda sudah sadar bahwa sifat kedaerahan akan menjadi penghambat cita-cita mereka. Sifat ketergantungan dengan pemimpin juga menjadi kendala tersendiri dalam meraih kemerdekaan repoblik Indonesia. latar belakang diselenggarakannya kongres pemuda yang merumuskan Sumpah Pemuda.

Lahirnya Sumpah Pemuda

Untuk mempersatukan banyaknya organisasi organisasi yang ada di nusantara maka di di buatlah Pertemuan, pada tahun 1920, Banyak jadi perbedaan pada musyawah itu, seperti perbedaan Lansadasan, teori dll.

Pada tanggal 30 April 1926 Oraganisasi- Organisasi Pemuda ini berkumpul untuk membahas rapat masal yang di beri nama Kongres Pemuda 1.

Dalam pertemuan masal ini Kongres pemuda menemukan titik awal bersatunya pemuda-pemuda indonesia. Dan berhasil merumuskan dasar-dasar pemikiran bersama, yaitu:

Kongres inilah yang merupakan titik awal bersatunya para pemuda Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Kongres ini berhasil merumuskan dasar-dasar pemikiran bersama, yaitu:

  • Kemerdekaan Indonesia dari penjajahan merupakan cita-cita bersama seluruh pemuda di Indonesia.
  • Seluruh organisasi kepemudaan bertujuan untuk menggalang persatuan.

Pada tanggal 26 – 28 Oktober 1928, semua perkumpulan pemuda, mahasiswa, dan partai politik menghadiri Kongres Pemuda II. Kongres ini berlangsung selama 3 hari, Agenda pertemuan ini adalah mempersatukan dan mengobarkan semangat perjuangan dalam diri masing masing pemuda.

Selain itu pentingnya keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah juga patut diperjuangakan. Perlu diketahui bahwa pada masa penjajahan, Anak para pejabat akan mendapatkan pendidikan yang layak. Disisi lain, anak-anak yang orang tuanya miskin tidak mendapatkan pendidikan. Inilah yang membuat bangsa Indonesia dimasa penjajahan sulit berkembang.

Pada tanggal 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda lahir. Mohamad Yamin membuat inti dari seluruh isi kongres, yaitu :

  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Dan pada saat itu penjajahan di Indonesia sudah lebih dari 3 abad,bangsa Indonesia hidup di bawah penderitaan penjajahan. Hanya dengan merdekakan bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang lebih baik dan berkembang menjadi bangsa yang besar. Kejadian ini yang kemudian menjadi sejarah hari sumpah pemuda 28 Oktober 1928.

Download : TEKS IKRAR SUMPAH PEMUDA

saya adalah seorang penulis dan terus ingin terus belajar, agar bisa menjadi penulis yang baik dan dapat bermanfaat untuk orang lain.