Budi Utomo

Budi Utomo

Posted on

Sejarah Singkat

Kisahsejarah.id, Budi Utomo merupakan sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh beberapa mahasiswa STOVIA yaitu Soeraji dan Goenawan Mangoenkoesoemo bersama Dr.Soetomo yang didirikan pada tanggal 20 mei 1908 di Yogyakarta. ini merupakan salah satu organisasi yang besar pada masa itu.

Budi Utomo sendiri merupakan organisasi yang bersifat sosial , ekonomi serta kebudayaan namun tidak bersifat politik. organisasi ini bertujuan untuk mencapai kemerdekaan indonesia, hal ini yang sekarang kita peringati sebagai hari kebangkitan nasional.

Baca Juga : Bung Tomo

Tujuan

Organisasi Budi Utomo memiliki tujuan yaitu kemajuan bangsa indonesia dalam hal ini hal pokok utama yang di tuju adalah kemajuan pendidikan, perdagangan, peternakan, pertanian , teknik industri, seni budaya dan ilmu pengetahuan.

Perkembangan

Awal berdirinya organisasi budi utomo adalah untuk membantu kesejahteraan bangsa indonesia, organisasi ini banyak bergerak di bidang pendidikan mereka belum bergerak ke bidang politik dikarenakan peraturan Belanda yang melarang adanya pendirian partai politik.

Pada tahun 1919 salah satu pendiri organisasi ini yaitu Dr soetomo menimba ilmu sampai ke kebelanda. sepulang beliau dari belanda, mulai mengembangkan organisasi ke bidang politik dikarenakan pada masa itu sudah banyak bermunculan partai politik .

Pada Tahun 1924 beliau mendirikan ISC (indonesische Studie Club) yang merupakan wadah bagi kaum pelajar indonesia. ISC sendiri mendirikan sekolah tenuh, Koperasi, Bank Kredit dan sebagainya.

Baca Juga : Tokoh Nasional Indonesia

Pada tahun 1931 Indonesische Studie Club berganti nama menajadi PBI ( Persatuan Bangsa Indonesia) yang cepat berkembang kemudian pada tahun 1935 organisasi Budi U tomo dan PBI digabungkan menjadi satu dan berubah nama menjadi Parindra yang mana Dr.Soetomo menjadi ketuanya

organisasi ini sendiri terbuka untuk semua orang indonesia tanpa terkecuali.

Kongres Budi Utomo

Kongres Budi Utomo pertama di adakan pada 3-5 Oktober 1908 di Yogyakarta yang mana pada kongres ini Raden Adipati Tirtokoesoemo diangkat menajdi menjadi mantan bupati karanganyar.hal ini sangat disetujui oleh belanda dikarenakan belanda berharap bahwa ia mampu memberikan jaminan kerjasama pemerintah dengan pengurus bud i utomo.

Semenjak saat itu banyak anggota baru yang berasal dari kalanngan bangsawan dan pejabat kolonial dan anggota muda pada saat itu banyak yang memilih untuk menyingkir.

Kongres itu sendiri terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok yang diwakili wahidin, radjiman, dan swidjosewo mereka memiliki pendapat bahwa apabila elite masyarakat jawa telah berpendidikan maka rakyat akan mengikutinya

kelompok yang kedua yaitu yang diwakili oleh Tjito, soetomo dan goenawan mereka mengutamakan pendidikan desa

Baca Juga : Perjuangan Pangeran Diponegoro

A. Hasil Kongres Pertama

Kongres yang pertama di laksanakan pada oktober 1908 di yogyakarta dengan hasil keputusan sebagai berikut:

  1. Tidak mengadakan kegiatan politik.
  2. kegiatan utamanya adalah ditunjukan pada bildang sosial, pendidikan dan kebudayaan.
  3. ruang gerak terbatas wilayah jawa dan madura.
  4. Mengangkat R.T. Tirtokusumo yang menjabat sebagai Bupati Karanganyar sebagai ketua.

B. Hasil Kongres Kedua

Kongres yang kedua dilaksanakan pada 10 hingga 11 Oktober 1909 di Gedung Mataram Yogyakarta. pada kongres yang kedua ini Dr. Cipto mangunkusumo mengusulkan agar budi utomo membuka sistem penerimaan keanggotaan yang tidak terbatas dari bangsawan jawa semata, tetapi terbuka bagi indiers(anak hindia) Usul tersebut ditolak oleh Dr. Radjiman wedyodiningrat, dan akhirnya Dr. Cipto keluar dari budi utomo, karena kecewa.

Masa Kehancuran

Budi utomo mengalami kesulitan akibat peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah belanda. mulai muncul perpecahan di dalam organisasi sendiri, dikarenakan muncul kelompok radikal dan moderat di tubuh organisasi ini, mereka juga kurang mendapatkan dukungan dari masyarat indonesia

Akhirnya pada tahun 1935 organisasi budi utomo resmi di bubarkan.

Demikian sedikit ulasan mengenai organisasi Budi utomo ,semoga dapat menambah wawasan para pembaca semua.

Baca Juga : Koperasi Indonesia

Saya adalah seorang haus akan ilmu, Ingin selalu belajar dan berusaha memberikan manfaat kepada diri sendiri dan orang lain.