Ras di indinesia

Ras Di Indonesia

Posted on

kisahsejarah.id – hai para pembaca yang budiman, Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki banyak sekali suku budaya dan berbagai macam ras yang ada.

dari perbedaan perbedaan suku bangsa dan budaya ini yang menajdikan indonesia kaya dan istimewa dimata dunia seperti yang kita tau indonesia memiliki 1340 lebih suku bangsa yang ada indonesia, hal ini berdasarkan hasil sensus BPS yang di laksanakan pada tahun 2010.

Beberapa suku diantaranya adalah suku jawa, sunda, batak, madura dan masih banyak yang lain nya.

Ras Adalah

Ras merupakan pengelompokan golongan yang tergabung dalam suatu kelompok besar yang dilakukan berdasarkan ciri ciri , asal usul , fisik dan lain nya. ras juga dapat diartikan sebagai kelompok penduduk yang memiliki sifat dan keturunan yang berbeda beda satu dengan penduduk daerah lain nya.

Pengertian Ras Secara Umum

Pengertian Ras secara umum yang berasal dari bahasa latin pada abad ke20. Ras juga dapat diartikan dalam arti biologis dalam populasi manusia sebagai keanekaramanan genetik yang berbeda antara satu anggota dengan yang lain nya.

Perbedaan itu diantaranya ciri ciri fisik, asal usul dan suku yang diwariskan kepada anak cucunya. jadi jika dapat kita tarik garis besar ras merupakan suatu golongan penduduk dari suatu daerah yang memiliki sifat berbeda beda dengan yang lain nya.

keberagaman ras di indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali keberagaman ras budayanya, mulai dari keberagaman suku, bahasa dan juga agama. Indonesia memiliki banyak sekali keberagaman ras yang ada. Beberapa contoh ras yang ada di indonesia diantaranya Ras Melanezoid, Mongoloid, Negroid , dan juga Ras Weddoid.

Baca Juga : Sejarah Lengkap R.A Kartini

Contoh ras

sahabat pembaca indonesia memiliki 4 Kelompok ras yang memiliki kelompok nya masing masing. nah mari kita bahas lebih jelas pada penjelasan detail dibawah ini.

  • pada Kelompok ras Melanezoid, memiliki mayoritas penduduknya di papua, Pulau Aru, dan Pulau Kai.
  • pada Kelompok ras Negroid, contohnya penduduk Semang yang berada di semenanjung Malaka dan orang Mikopsi yang berada di Kepulauan Andaman.
  • Kelompok ras Weddoid, antara lain penduduk Sakai yang berada di Siak Riau, penduduk Kubu yang berada di Sumatra Selatan dan Jambi, penduduk Tomuna yang berada di Pulau Muna, penduduk Enggano yang berada di Pulau Enggano, dan penduduk Mentawai yang berada di Kepulauan Mentawai.
  • pada Kelompok ras suku Melayu Mongoloid, memiliki 2(dua) golongan, yaitu Ras Proto Melayu atau yang biasa di sebut Melayu Tua (yang terdiri dari Suku Batak, suku Toraja, dan suku Dayak) sedangkan Ras Deutro Melayu atau yang biasa disebut Melayu Muda (memiliki beberapa suku diantaranyasuku bugis, suku madura, suku jawa dan suku bali.

dari semua ras yang ada di Indonesia di atas mereka semua hidup berdampingan, rukun dan damai. begitu indah keanekaragaman ras yang ada di indonesia.

Inilah Contoh Ras yang ada di Indonesia

Banyak sekali berbagai macam macam suku dan ras yang ada di indonesia , mereka memiliki ciri ciri tersendiri yang berbeda antara satu dengan yang lain nya. nah berikut ini merupakan contoh ras yang berada di indonesia, yuk kita simak bersama sama.

A. Ras yang pertama ialah Ras Mongoloid Barat atau pada zaman Es.ras ini memiliki penyebaran di wilayah jawa , madura , sumatra , kalimantan serta papua.

B. Ras yang kedua adalah Ras Negroid. Ras Negroid merupakan warga migrasi dari penduduk pertama, mereka memiliki ciri khas kulit yang berwarna hitam, memiliki rambut yang keriting atau ikal, serta memiliki postur tubuh yang tinggi besar. Ras Negroid ini sebenarnya berasal dari benua asia yang kemudian menetap di daerah papua.

C. Ras yang ketiga adalah Ras weddoid. Ras Meddoid merupakan penduduk migrasi setelah menduduk Ras Negroid, pada Ras Weddoid ini memiliki ciri ciri fisik hampir sama dengan Ras Negroid yaitu memiliki ciri kulit hitam, berambut keriting namun memiliki postur tubuh yang sedang.

Ras weddois ini mulanya berasal dari india bagian selatan, kemudian mereka menetap di Kepulauan Maluku NTT ( Nusa Tenggara Timur) serta riau. Tak hanya itu Ras Weddoid ini ada juga yang berasal dari penduduk suku kubu yang tinggal di daerah Jambi, penduduk Sakai dari Siak serta penduduk yang tinggal di Kepulauan Enggaro dan Mentawai.

D. ras yang ke empat adalah Ras Melayu Mongoloid. Namanya hampir sama bukan dengan ras yang pertama kita bahas, namun Ras Melayu Mongoloid ini adalah penduduk migrasi yang memiliki ciri ciri kulit sawo matang, memiliki rambut yang lurus , bentuk wajahnya bulat serta memiliki postur tubuh sedang.

Di dalam Ras Melayu Mongoloid ini sendiri sebentarnya memiliki 2 golongan yaitu golongan Ras Proto melayu atau yang biasa di sebut melayu Tua. ras atau kelompok golongan ini berasal dari tionghoa di bagian selatan yunan.dalam ras proto melayu ini adalah suku batak,suku dayak serta suku toraja.

sedangkan golongan yang kedua adalah golongan Ras Deutro Melayu. Ras Deutro melayu sendiri berasal dari Semenanjung Malaya, Madura, Bali dan Jawa. kelompok Ras Deutro melayu ini memiliki ciri ciri fisik yang hampir mirip dengan suku Ras Proto Melayu.

E. Ras yang ke lima adalah Ras Papua Melanezoid. Ras Papua melanezoid sendiri berasal dari Papua , Pulau Kai serta Pulai Aru. pada Ras Papua Melanezoid ini memiliki ciri ciri yang hampir sama dengan Ras Negroid namun ras ini memiliki bibir yang sedikit lebih tebal.

Ras yang ada di indonesia dan persebarannya

Jika pada ulasan yang telah kita bahas di atas telah menjelaskan Ras yang ada di indonesia berdasarkan ciri-ciri fisik nya, sekarang kita akan bahas mengenai penyebaran suku ras yang ada di indonesia.

Penyebaran Ras yang ada ada di indonesia sebenarnya sudah ada sejak zaman es. berikut ini merupakan ras yang ada di indonesia dan penyebarannya:

1. Ras Mongoloid
Ras Mongoloid merupakan ras yang berasal dari Ais Tengah. penyebaran ras mongoloid sendiri adalah pulau jawa , pulau sumatra , serta pulau kalimantan.

2. Ras Austroloid
Ras Austroloid sendiri berasal dari Australia yang kemudian menyebar ke indonesia timur seperti Irian Jaya Papua.

3.Ras Negroid
Ras negroid sendiri berasal dari benua Asia yang kemudian menetap di Papua.

4.Ras Weddoid
Ras weddoid memiliki penyebran di wilayah Nusa Tenggara Timur Maluku, kepualaun Riau, Jambi, serta di kepualauan Mentawai.

5.Ras proto melayu atau yang disebut Melayu tua.
Ras proto melayu tua sendiri memiliki penyebaran wilayah di suku batak , suku dayak dan suku toraja.

6.Ras Deutro Melayu
Ras Deutro melayu memiliki penyebaran wilayah di Semenanjung Malaya, Madura, Bali dan juga Jawa.

7.Ras Papua Melanezoid
Ras Papua Melanezoid memiliki penyebaran pada Papua, Pulau Kai dan Pulau Aru.

Ras Weddoid

suku Ras Weddoid merupakan suku ras yang memiliki ciri ciri berkulit hitam, memiliki rambut keriting, serta memiliki postur tubuh yang sedang. Ras Weddoid ini berasal dari india selatan, lalu kemudian mereka tinggal di kepulauan Maluku Nusa Tenggara Timur serta Riau.

Ras kaukasoid

Penduduk Ras Kaukasoid merupakan penduduk pendatang yang berasal dari Timur tengah, Australia, Amerika , Eropa serta India. Ras Kaukasoid memiliki ciri ciri berkulit agak kunining dan putih, memiliki bentuk hidung yang mancung, bentuk bibir yang tipis, serta memiliki postur tubuh yang besar.

Ras Negroid

Ras Negroid merupakan ras yang memiliki ciri ciri kulit yang berwarna hitam, berambut keriting serta memiliki bentuk postur tubuh yang tinggi.