kisah nabi yusuf singkat, kisah nabi yusuf bagian 4, kisah nabi yusuf dan zulaikha, kisah nabi yusuf alaihissalam, kisah nabi yusuf bagian 3, mukjizat nabi yusuf, saudara nabi yusuf, ibu nabi yusuf, kelebihan nabi yusuf, sikap terpuji nabi yusuf, nabi syuaib berasal dari suku, kisah nabi yunus singkat, kaum madyan menyembah, ketampanan nabi yusuf, kisah singkat nabi musa, kisah nabi yusuf bagian 4, cerita nabi yusuf dan zulaikha, istri nabi yusuf, nabi yusuf tampan, cerita nabi yunus, kisah nabi syuaib, istri nabi yakub, keteladanan nabi yusuf, ayah nabi syuaib bernama,

Kisah Nabi Yusuf

Posted on

Kisahsejarah.id – Banyak yang belum mengetahui tentang kisah nabi yusuf. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang kisah nabi yusuf. Dengan membaca artikel ini di harapkan dapat menambah pengetahuan untuk bagi para pembaca, terimakasih dan selamat membaca.

Nabi Yusuf alaihissalam merupakan terlahir dari seorang ibu yang bernama Ribka dan seorang ayah yaitu Nabi Ya’kub. Nabi Yusuf alaihissalam memiliki 12 saudara, akan tetapi Bunyamin adalah saudara kandungnya.

Sedangkan yang lain merupakan saudara yang terlahir dari istri Nabi Ya’kub selain ibu Nabi Yusuf. Nabi yang berasal dari kaum Bani Israil yaitu Nabi Yusuf alaihissalam.

Baca Juga Kisah : Sahabat Yang Tidak Dikenal

Yusuf A.S Bin Yakub A.S

kisah Nabi Yusuf alaihissalam merupakan sosok Nabi yang baik untuk di jadikan suri tauladan yang baik. Beliau merupakan seorang yang pemaaf yang mampu memaafkan kesalahan orang lain.

Dan beliau mampu melawan hawa hafsunya sendiri, dan kesabaranya dan ketaatanya beliau terhadap Allah SWT dapat mebuatnya mendapatkan keistimewaan dari Allah SWT.

Sikap dan perilaku yang di miliki Nabi Yusuf membuat sang ayah memberikan perhatian lebih terhadap nabi Yusuf dan Bunyamin. Sehingga karena hal ini lah membuat saudara Nabi Yusuf yang lain merasa cemburu dan sehingga membuat mereka iri hati karena sifat sang ayah yang berbeda.

Pada suatu ketika saudara Nabi Yusuf sedang berkumpul ” Hai saudara-saudaraku, Apakah kalian semua merasakan hal yang sama sepertiku, bahwa ayah kita lebih menyayangi Nabi Yusuf dan Bunyamin di bandingkan kita” Kata saudara Nabi Yusuf yang tertua.

Pada saat itu semua saudaranya menjawab dengan kompak “Benar”. kemudian saudara tertuanya mengatakan ” Ternyata ayah kita tidak adil sangat pilih kasih, apakah kita akan diam saja melihat ini semua, kita telah di pelakukan tidak adil” Hasutan sang kak kepada saudaranya.

Salah satu saudaranya menjawab “Sebenernya tidak, tapi apa yang bisa kita lakukan dengan hal ini?” Sang kakak tertua mengatakan ” Kita harus melakukan sesuatu, untuk Nabi Yusuf, apa kalian ingin mengetahui apa yang aku rencanakan”. ujar sang kakak tertua.

Baca Juga : Kisah Sahabat Nabi Untuk Anak

Dengan penasaraan mereka menjawab ” Tentu saja, kita ingin mengetahui. Kemudian mereka berkumpul dan memberi tahu rencana yang akan di jalankan. Setelah mendengar hal itu mereka semua menatap sang kak sembari bertanya ” apakah yakin kak, akan melakukan hal itu?”.

Sang kakak tertua mencoba menyakinkan saudara lainya untuk menjalankan rencana itu ” Hanya ini yang bisa kita lakukan agar ayah kita, kembali menyayangi kita lagi, seperti dulu saat Nabi Yusuf dan Bunyamin belum terlahir.

Akhirnya mereka semua sepakat dan merencanakan sesuatu yang jahat untuk menyingkirkan Nabi Yususf. Sehingga pada suatu ketika saudara-saudaranya Nabi Yusuf mulai menjalankan rencananya dengan meminta izin kepada ayah kami utuk mengajak Nabi Yusuf bermain ke tengah hutan.

Pada awalnya sang ayah tidak mengijinkan Nabi Yusuf untuk ikut pergi bersama mereka karena rasa khawatir akan terjadi sesuatu dengan Nabi Yusuf. “Tidak, Aku khawatir kalian nanti akan lalai menjaga Nabi Yusuf” Ujar sang ayah.

Dengan banyak cara di lakukan saudaranya agar sang ayah mengijinkan Nabi Yusuf untuk ikut dapat pergi bersamanya. “Kami semua itu kan saudara ayah, jadi bagaimana kami akan membiarkan Nabi Yusuf di mangsa binatang buas ayah” ujar sang kakak.

mendengar hal itu semua sang ayah akhirnya mengijinkan mereka untuk pergi membawa Nabi Yusuf. Kemudian mereka melanjutkan rencananya dengan membawa nabi Yusuf untuk pergi ke sumur tua. Dan kemudian Nabi Yusuf di lemparkan ke dalam sumur dan meninggalkannya seorang diri.

Baca Juga : Kisah Sahabat Nabi yang Mengharukan

Dan setelah itu mereka pulang dan melanjutkan rencanaya itu dengan nangis tersedu-sedu dengan membawa baju Nabi Yusuf yang di berikan darah hewan agar ayah percaya dengan ceritanya bahwa Nabi Yusuf telah di mangsa oleh binatang buas.

” maafkan kami Ayah , Nabi Yusuf di mangsa oleh binatang buas ayah, Maafkan kami, kami tidak dapat menjaganya ayah, ketika kami asik bermain kemudian Nabi Yusuf di mangsa binantang buas” ujar saudaranya dengan isak tangis mereka.

Bahkan mereka menunjukan baju Nabi Yusuf yang telah berlumuran darah. Sang ayah Nabi Ya’kub merasa terkejut dengan berita yang di sampaikan kesedihan yang mendalam karena kepergian Nabi Yusuf. Bahkan Nabi Ya’kub sampai buta karena terlalu sering menangis.


Kisah Nabi Yusuf Yang Terselamatkan di Dalam Sumur

Akan tetapi setelah kaum Bani Israil di lemparkan dan di tinggalkan di dalam sumur dengan izin dan kuasanya Allah SWT Nabi Yusuf selamat. Pada saat itu ada seorang pedagang yang melintasi sumur itu. Kemudian beliau merasa haus dan tak lama mengambil air di sumur itu.

Melihat hal itu Nabi Yusuf kemudian naik di atas ember itu dan memegangi tali ember untuk agar sampai ke atas. Kemudian sang pedagang itu menariknya ketika sampai di atas pedagang itu terkejut dan merasa kaget karena yang dia dapat tidak hanya air saja akan tetapi seorang anak yang tampan.

Pedagang itu merasa kaget ” whahhhh” ujar pedagnag itu karena terkejut. Anak siapa ini tampan sekali” Ujar pedagang. Kemudian pedagang itu membawa Nabi Yusuf ke mesir.

Dan pedagang itu menjual Nabi Yusuf dengan harga sangat tinggi karena ketampananya. Sehingga banyak orang yang tak sanggup membayarnya karena mahal harganya. Kemudian pembesar kerajan mesir membelinya dengan harga tinggi dan membawanya pulang ke rumahnya.


Difitnah dan Dipenjara

Setelah itu Nabi Yusuf di ajak ke keluargga kerajaan yang di jadikan anak angkat sekaligus melayani kebutuhan di rumah kerajaan tersebut. Nabi Yusuf kemudian di angkat oleh seorang yang beranam Qithir dan Zulaikha, yang merupakan kerajaan mesir pada saat itu.

Mereka begitu menyayangi Nabi Yusuf, Akan tetapi ternyata Zulaikha mengagumi ketampanan nabi Yusuf ” Pemuda itu sunggu tampan sekali, apa mungkin dia merupakan ciptaaan malaikat” Ujar Zulaikha dalam hatinya.

Baca Juga : Kisah Raja Namrud

Sianga dan malam Zulaikha memikirirkan Nabi Yusuf. Sudah berkali kali Zulaikha menyakinkan bahwa nabi Yusuf hanya orang biasa akan tetapi ia masih tidak percaya dengan hal itu. Hal ini membuat rasa kagum Zulaikha semakin besar kepada Nabi Yusuf.

Sehingga Zulaikha tergoda dengan bisikan setan untuk merayu nabi yusuf untuk melakukan perbuatan tercela. Pada saat kerajaan sepi Zulaikha mencoba merayu nabi yusuf.

” Jangan, Demi allah jangan paksa aku untuk melakukan perbuatan tercela ini” ucap Nabi yusuf kepada Zulaikha. Nabi Yusuf berusaha menolak sekuat tenaga, Nabi yusuf tidak menyangka bahwa Zulaikha yang di angkat sebagai ibu angkatnya telah merencanakan hal ini.

Akan tetapi hal ini membuat Zulaikha semakin memaksa nabi yusuf karena nabi yusuf menolak untuk melakukan perbuatan itu. Zulaikha semakin merayu karena mereka berada di dalam kamar berdua saja.

Zulaikha telah lupa segalanya karena Zulaikha tidak dapat melawan bisikan setan yang ada di fikiran Zulaikha hanya Nabi Yusuf harus tunduk kepadanya.

Akan tetapi atas penjagaan Allah SWT tehadap Nabi Yusuf di jaga oleh perbuatan tercela itu. Karena keadaan yusuf yang semakin terdesak hal ini membuat nabi yusuf berlari keluar ke arah pintu. Akan tetapi Zulaikha mengejar nabi Yusuf dan mecengkram baju bagian belakang hingga terobek.

Pada saat itu suami Zulaikha tiba-tiba datang dan terkejut dengan apa yng sedang terjadi ” Ada apa ini, apa yang sedang kau lakukan” tanya Qithir.

Melihat suaminya kemudian Zulaikha tidak ingin di salahkan dalam hal ini. Kemudain Zulaikha mencari alasan agar tidak di salahkan oleh sumianya itu ” Suamiku, lihatlah! Nabi yusuf akan melakukan perbuatan tercela terhadapku, dia benar-benar tidak tau terimakasih” ucap Zulaikha sambil melihat Nabi Yusuf.

Melihat kejadian ini Qithir merasa ada yang janggal akan tetapi dia tetap memberikan hukuman kepada yusuf karena hal ini di lakukan untuk menjaga dan melindungi nama baik keluarganya. Sehingga karena hal ini Nabi Yusuf di penjarakan.

Mukjizat Nabi Yusuf a.s.

Setelah kejadian itu Nabi Yusuf di penjara namun hal ini tidak membuat dia jauh. Akan tetapi hal ini membuat dia lebih dekat kepada Allah SWT dan bersyukur karena telah di selamatkan dari perbuatan yang tidak baik.

Selain itu Allah SWT memberikan anugrah kepada Nabi Yusuf yang sangat luar biasa pada saat beliau di dalam penjara yaitu dapat Nabi Yusuf dapat menafsirkan dari sebuah kejadian mimpi. Pada suatu ketika Nabi Yusuf dapat bebas karena telah dapat menafsirkan mimpi kerjaan mesir.

Hal ini bermula pada saat raja mesir yaitu Raja Arroyan bermimpi. Di dalam mimpinya Raja Arroyan melihat 7 ekor sapi yang gemuk-gemuk yang datang dari sungai dan kemudian memakan rumput yang tak jauh dari sungai tersebut.

Baca Juga : Kisah Sahabat Nabi Yang Memotivasi

Akan tetapi tidak lama kemudian muncul 7 ekor sapi yang kurus-kurus dari sungai, lalu sapi itu bergabung bersama 7 ekor sapi yang gemuk-gemuk tadi. Namun setelah itu tiba-tiba 7 ekor sapi yang gemuk itu di makan oleh 7 ekor sapi yang kurus itu.

Kemudain karena mimpi itu Sang Raja Arroyan terkejut dan dengan seketika bangun ” Mimpi apa ini tadi ya” ucap sang Raja. Kemudian sang raja setelah itu melanjutkan tidurnya lagi. Akan tetapi ternyata mimpi itu masih berkelanjutan.

Pada kali ini sang Raja Arroyan bermimpi dalam mimpinya beliau melihat 7 bulir gandum yang segar di sebuah batang kayu, selain itu juga terdapat 7 bulir gandum kering yang berada di sebuah batang kayu yang lainnya. Dan kemudian 7 bulir gandum yang segar habis di makan oleh gandum yang kering.

Dengan perasan terkejut kemudian sang Raja bangun ” Mimpi yang aneh, sebuah pertanda apakah ini, bukan mimpi biasa ini. Akan aku jari tahu apa makna dari mimpiku ini” Ucap sang raja dengan perasaan yang cemas.

Keesokan harinya sang Raja mengumpulkan seluruh ahli tafsir untuk menafsirkan mimpinya. Akan tetapi hal itu tidak memberikan hasil, dari semua ahli tafsir mengatakan bahwa mereka tak mampu mengetahui makna mimpi tersebut.

Dan akhirnya seorang pelayan istana itu memberikan tahu bahwa ada seorang ahli tafsir yang dapat menafsirkan mimpi. Dengan mendengarkan penjelasan pelayan itu di berikan perintah untuk menjemput Nabi Yusuf di hadapanya.

Kemudian Nabi Yusuf di bawa oleh pelayan tersebut buat mendatangi sang raja. Dan Nabi Yusuf menjelaskan tafsir yang ia dapat ” Pada awalnya akan terdapat 7 tahun dengan musim subur yang berturut-turut di negri ini, yang membuat tanaman bertumbuh subur dan menibgkatnya hasil panen.

Mendengar penjelasan Nabi Yusuf merasa tenang dan bahagia mendengar jawabanya. Dan bahkan membayangkan negri Mesir menjadi subur. Akan tetapi tafsir mimpi Nabi Yusuf tidak sampai di sini saja. Kemudian Nabi Yusuf menjelaskan tentang apa tafsir mimpi yang lain itu.

Nabi yusuf menyampaikan kembali ” Setelah musim subur. akan datang musim kemarau selama 7 tahun yang akan menyebabkan kemarau yang panjang, pada masa itu tidak ada tanaman yang tumbuh. Jadi selama masih subur simpanlah, Jangan sampai kau habiskan” Jawab Yusuf.

Baca Juga : Kisah Perang Nabi Muhammad SAW

Mendengar semua penjalasan Nabi Yusuf akhirnya sang raja merasa berkesan mendengar penjelasan itu. Dan selain itu Raja Arroyan membebaskan Nabi Yusuf dari penjara karena Nabi Yusuf tak melakukan hal itu.

Nabi Yusuf Di angkat menjadi mentri

Setalah Nabi Yusuf di bebaskan kemudian sang Raja memberikan tanggung jawab sebagai mentri di istana kerajaan. Sehingga pernah suatu ketika di musim kemarau saudara-saudara nabi yusuf yang tinggal di palestina atau tanah kan’an yang telah membuangnya di sumur kemudian mereka datang.

Karena musim kemarau yang panjang membuat mereka ke kurangan sandang pangan. Sehingga membuat saudara-saudaranya itu meminta bantuan kepadanya. Akan tetapi pada saat itu saudaranya tidak mengetahui bahwa beliau merupakan adik yang pernah di buang di dalam sumur.

Kenudian di kerjaan inilah beliau dapat bertemu dengan sang ayah dan adiknya Bunyamin. Sehingga setalah kejadian ini Nabi yusuf memafkan saudara tirinya.

Kisah Cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha

Pada suatu ketika suami Zulaikha telah meninggal yaitu Qithir, Zulaikha kini tidak lagi mempunyai harta yang melimpah. Akan tetapi berbeda dengan Nabi Yusuf yang telah menjadi pejabat kerajaan bahkan kepercayaan raja hal ini membuat keadaan mereka bertolak belakang.

Harta yang di miliki Zulaikha telah habis untuk mencari dan mendapatkan informasi tentang Nabi Yusuf. Waktu terus berlalu dan hal ini membuat Zulaikha semakin menua, dan miskin, pipnya telah rapuh karena usia.

Bahkan tubuhnya telah membungkuk menahan cinta dan penderitaan yang jaga untuk nabi Yusuf. Bahkan penglihatanya pun telah mulai kabur kabur karena air mata. Akan tetapi itu semua tak membuat cinta Zulaikha kepada Nabi Yusuf menjadi padam.

Sehingga Zulaikha membuat gubukk di pinggir jalan yang nabi Yusuf sering di lewati dengan sisa harta yang Zulaikha miliki. Di situlah Zulaikha mendapatkan hidayah dari Allah untuk segera bertaubat dan menyembah kepada Allah.

Di setiap doanya Zulaikha berdoa agar dapat bertemu dengan Nabi Yusuf, Hal ini di alami Zulaikha cukup panjang. Pada suatu ketika Nabi Yusuf melewati tempat tinggal Zulaikha, pada saat itu Zulaikha sedang berdoa.

Mendengar doa Zulaikha, Nabi Yusuf terkesan sehingga nabi Yusuf memerintahkan pelayaanya untuk menjemput Zulaikha untuk di bawalah Zulaikha ke istana kerajaan.

Cinta yang berlabuh

Pada suatu ketika Zulaikha datang ke istana dan akhirnya bertemu dengan Nabi Yusuf. Pada awalnya Nabi Yusuf tidak mengenali Zulaikha karena perubahan yang di alami Zulaikha.

Akan tetapi Zulaikha mencoba untuk mengingatkan Nabi Yusuf tentang Zulaikha agar cinta mereka tumbuh kembali. Zulaikha yang telah mencinyainya sejak pertama kali yang bertemu di dalam mimpi dan mengorbankan hartanya untuk yang di cintainya.

Nabi Yusuf pun terskesan dan terenyuh mendengat kasih sayang Zulaikha. Kemudian Nabi Yusuf mencoba menyembuhkan kedua mata Zulaikha, dan di kembalikan tubuh yang telah rentanya itu, dengan izin Allah SWT hal itu terjadi.

Kemudian ketika semua telah kembali Zulaikha mengutarakan ingin mendampingi Nabi Yusuf dan akhirnya turunlah perintah dari ilahi untuk Nabi Yusuf menikahi Zulaikha. Dengan kasih sayang dan penuh cinta Nabi Yusuf menikahi Zulaikha.

Kemudian mereka telah sah menjadi pasangan yang sah setelah dalam janji suci dalam pernikahan. Setelah itu kisah Nabi Yusuf baru mengetahui kesucian dari Zulaikha yang telah terjaga.

Dalam suatu ketika Zulaikha menyampaikan ” Qithir memang laki-laki yang pertama yang dapat melihat tamanku, akan tetapi beliau tak pernah sampai bisa memetik kuncup mawar di sana. Dia tidak pernah bisa sampai memuaskan nafsunya. Sehingga sampai saat ini aku bisa menyerahkan hanya kepadamu” Ujar Zulaikha yang memebuat Nabi Yusuf semakin cinta kepadanya.

itulah Sekelumit kisah nabi yusuf yang bisa kami tuliskan, Semoga bermanfaat dan menambah ilmu kita tentang sejarah nabi,. amin