kisah nabi yahya singkat

Nabi Yahya A.S

Posted on

KisahSejarah.id , Assalamualaikum meneladani kisah 25 Nabi dan Rosul Allah pada kesempatan kali ini kami ingin sedikit mengulai mengenai Kisah Nabi Yahya As, Semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan sebagai pembelajaran dan pengetahuan kita semua, Aamiin.

Biografi singkat

Nabi Yahya As (bahasa Arab:يحيى ) merupakan seorang Nabi yang diyakini bahwa ia hidup selama 30 tahun. Pada tahun 28M beliau diangkat menjadi seorang Nabi dan ditugaskan untuk berdakwah kepada kaum Bani Israil di Palestina.

Nabi Yahya A.S merupakan Keturunan Nabi Zakaria A.S. Ia terpilih menjadi Rosul bersama ayahnya. dan Nabi Yahya A.S. sejak dari kecil terpelihara dari perbuatan syirik dan maksiat, sebagaimana ayat tentang nabi yahya dinyatakan dalam al-qur’an:

Nabi Yahya As dikaruniai hikmah dan ilmu semasa anak-anak. beliau sangat pintar dan tajam dalam pemikiran. beliau selalu beribadah siang malam sehingga membuat tubuhnya kurus kering, wajahnya pucat, dan matanya cekung.

Beliau dikenal di kalangan bani Israil sebagai ahli agama dan hafal Taurat. Beliau sangat berani dalam mengambil keputusan dan tidak takut akan di hina oleh orang serta tidak menghiraukan ancaman penguasa dalam usahanya menegakkan kebenaran.

beliau menganjurkan orang-orang untuk bertobat, dan ia memandikan orang yang bertobat yang mana merupakan mandi besar dalam arti lain pembaptisan dalam ajaran kristen di sungai Jordan.

Baca Juga : Kisah Nabi Ibrahim as

Sifat Nabi Yahya As.

Nabi Yahya As memiliki karakter pribadi Al-Hanan yang memiliki arti Peduli dan Sayang. Allah memberikan sifat Al -hanan ( penyayang) kepada Nabi Yahya sejak dirinya usia remaja Al-Hanan merupakan kecintaan mendalam terhadap pihak lain yang muncul bukan karena belas kasih semata namun karena kedalaman ilmu dan pemahaman (bahwa segala sesuatu Allah ciptakan tidak sia-sia).

Nabi Yahya As remaja tumbuh kembang menjadi pribadi yang fokus dan maksimal menjalankan tugas penghambaan, zuhud atas dunia dan peduli .

Beliau mengungkapkan rasa sayang kepada seluruh makhluk-Nya. Ia tidak hanya mencintai sesama manusia. Bahkan burung-burung, gunung, gurun, dan binatang buas sekalipun ia sayangi tak terkecuali.

Yahya remaja menyadari bahwa seluruh ciptaan Allah telah ditetapkan guna dan manfaatnya bagi kehidupan manusia yang harus digali dan diketahui manusia agar bisa memaksimalkannya seoptimal mungkin.

Mukjizat Nabi Yahya As

Sahabat Kisah Sejarah Nabi Yahya memiliki keistimewaan karena dikaruniai sebuah mukjizat oleh Allah Swt berupa Beliau memiliki kemampuan untuk menyelesaikan persoalan di antara manusia serta memberikan penjelasan kepada mereka tentang rahasia ilmu agama.

Baca Juga : Nabi Ishaq A.S

Kematian Nabi Yahya As

Pada masa itu, Herodes merupakan seorang penguasa Palestina merencanakan akan menikah dengan keponakanya sendiri yang bernama Hirodia. Hirodia sendiri sangat senang jika menikah dengan sang raja. Nabi Yahya As melarang pernikahan tersebut dikarenakan bertentangan dengan syariat kitab Taurat dan Zabur.

Seluruh penghuni Istana Setuju dengan pendapat Nabi Yahya hal tersebut membuat raja menjadi malu dan murka , Raja tersebut dan Hirodia mencari jalan untuk membungkam mulut Yahya dengan cara apapun.

Dikisahkan Nabi Yahya dan Nabi Zakaria dibunuh karena dianggap menghalangi kemauan raja dibunuh. Nabi Yahya meninggal dengan cara dipenggal oleh sang raja.

Atas izin Allah SWT Nabi Zakaria AS masuk kedalam sebuah pohon , petugas mencari Nabi Zakaria namun tidak ditemukan dan meyakini bahwa beliau memiliki ilmu sihir, maka pohon tersebut di gergaji sehingga membuat Nabi Zakaria meningga dalam kedaaan terbelah menjadi Dua.

Nah Hanya itu sedikit ulasan mengenai riwayat Nabi Yahya As dalam masa mempertahankan hukum Allah , Semoga kita dapat mengambil hikmahnya.