Kisah Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman A.S

Posted on

Nabi Sulaiman A.S merupakan salah satu dari 25 nabi yang harus kita ketahui. Nabi yang turun berada tepatnya sebelum Nabi Ilyas A.S dan setelah Nabi Daud A.S

Nabi Sulaiman merupakan putra dari Nabi Daud A.S. yang merupakan keturunan Rasul dan Raja. Banyak pembelajaran dan suri tauladan yang bisa di ambil dari kisah Beliau. Maka pada kesempatan saat ini penulis akan menulis tentang Nabi Sulaiman A.S.

 

Kisah nabi Sulaiman A.S dan jin

Kerajaan Sulaiman

 

Pada suatu ketika Nabi Sulaiaman A.S sedang dalam perjalanan menuju Ruum yang di lakukan dari Syam Syaria. Dalam perjalanan Nabi di kawal dengan tentara dengan golongan jin dan burung-burung. Tak hanya itu malaikat Jibril dan malaikat Mikal juga membersamainya.

Pada saat perjalananya menuju Ruum Nabi Sulaiaman A.S bertemu dengan seorang wanita tua yang menghadap kepadanya dan membuat Beliau A.S merasa terkejut.

Dan wanita tersebut merupakan seseorang dari golongan jin yang bertaring menyerupai gading gajah, dengan rambut yang seperti pelepah pohon kurma, dengan bulu-bulunya yang lebat dengan bau yang tidak enak.

Selain itu wanita tua itu memiliki mata yang menyala seperti kilat yang menyambar dengan badan yang tinggi dan besar dengan kedua kaki yang melintang di antara dua lembah. Selain itu juga wanita tua itu juga mampu mengeluarkan asap dari hidungnya dan juga mampu mengeluarkan bermacam suara.

Baca Juga : Kisah Nabi Musa A.S

Dengan suara seperti serigala, petir dan terkadang meringkik seperti keledai. Bahkan wanita tua itu mengeluarkan kata buruk dan keji.

Kedatangan wanita itu membuat Nabi Sulaiaman A.S terkejut sehingga membuatnya seketika bersujud kepada Allah Swt. Setelah bersujud kemudian Nabi Sulaiaman A.S berbincang bincang dengan wanita tua itu.

Nabi Sulaiaman A.S bertanya tentang siapakah wanita itu dan dari mana asalnya dia? wanita itu menjawab bahwa wanita itu mempunyai nama Hammah Binti Hammah ( anak perempuan dari keturunan ilis) atau yang sering di kenal dengan sebutan Ummu Shibyan ( ibu penyakit sawan).

Wanita tersebut mengakui bahwa ia tinggal di antara bumi dan langit. Setelah itu Nabi Sulaiaman A.S bertanya tentang manusia yang bagaimana yang berada di dalam penguasanya?

Kemudian wanita tua itu menjawab bahwa ia menguasai manusia yang mempunyai akhlak yang buruk yang jauh dari Allah SWT. Dan bala tentaranya menepati tempat yang tidak ada penghuninya. Selain itu dia menyampaikan bahwa dia merupakan sumber dari penyakit yang berbahaya.

Wanita itu menjawab bahwa dia juga mengurangi harta orang yang berdagang, membuat bayi menangis, dan membuat wanita keguguran dan mandul selain itu melakukan kejahatan yang lainnya.

Kemudian beliau A.S bertanya bagaimana cara dia melakukan kejahatan itu?

Kemudian wanita tua itu menjawab bahwa dia memukul wajah bayi, persendiannya, bahkan memakan dan meminum darahnya sampai membuat anak itu menangis yang tak hentinya.

Baca Juga : Kisah Nabi Hud A.S

Dan dengan cara menjerit dan mengaung dengan suara mengerikan serhingga membuat manusia lari dan ketakukatan sehingga meninggalkan hartanya dan setelah itu bala tentara meniup hartanya hingga habis tak tersisapun.

Mendengar itu semua kemudain Nabi Sulaiaman A.S mengingkat wanita itu dan para tentarannya dengan rantai bedi dan juga memenjarakanya di dasar laut. Bahkan ketika Malaikat Jibril datang beliau mengatakan agar wanita tua itu di bakar.

Akan tetapi wanita itu memohon agar dirinya di bebaskan dan tidak di siksa karena dia menyampaikan bahwa hanya Allah SWT yang pantas utnuk menyiksaku. Sehingga setelah itu Nabi Sulaiaman A.S membuat perjanjian denganya.

Inti dari perjanjian tersebut yaitu bahwa ” Ummu Shibyan bersama dengan tentaranya dan juga anak cucunya di larang untuk mencelakai anak cucu Adam.


Kisah Nabi Sulaiman A.S dan semut

Nabi Sulaiaman A.S merupakan seorang nabi yang memiliki kecerdasaan yang tinggi, adil, bijaksana selain itu juga seorang yang kaya raya. Bahkan beliau juga memiliki istana dengan berkilauan permata.

Selain itu Nabi Sulaiaman A.S juga mendapatkan mukjiizat lain yaitu dapat menundukan angin, laut, dan juga berbicara dengan binatang. Selain itu Nabi Sulaiaman A.S memberikan perintah kepada jin dan burung untuk dapat membantunya dalam peperangan.

Pada suatu ketika Nabi Sulaiaman A.S melakukan perjalanan ke Thaif dengan membawa pasukan yang begitu banyak yang terdiri dari manusia, jin, dan burung-burung. Burung-burung tersebut terbang di atas menaungi dengan sayapnya. Sedangkan jin dan manusi berjalan bersama Nabi Sulaiaman A.S.

Dan Nabi Sulaiaman A.S mengatur pasukannya di bagian depan berjaga agar tidak ada musuh yang masuk sampai garis yang di tentukan. Sedangkan pasukan di belakang mendapatkan tugas untuk menjaga agar tidak ada pasukan yang tertinggal.

Akan tetapi saat sampai di pertengah perjalanan Nabi Sulaiaman A.S dan pasukannya mulai memasuki lembah. Dan di lembah tersebut banyak sekali sarang semut. Dan pasukan itu merasakan ketakutan ketika melihat pasukan dari Nabi Sulaiaman A.S, mereka takut jikalau Nabi Sulaiaman A.S dan tentaranya akan menginjaknya karena pasukanya begitu banyak.

Bahkan Raja semut yaitu Jirsan berkata kepada semut lain untuk memasukinya sarang-sarangnya agar tidak terinjak oleh Nabi Sulaiaman A.S dan tentaranya, yang dalam hal ini allah SWT berfirman dalam (Q.S. an-Naml; 18)

Baca Juga : Kisah Nabi Nuh A.S

Mendengar perkataan raja semut Nabi Sulaiaman A.S tertawa karena raja semut yang ketakutan. Setelah itu Nabi Sulaiaman A.S merasa bersyukur karena telah Allah SWT berikan keistimewaan itu dan kemudian berodoa kepada Allah SWT seperti yang terkandung dalam ( QS. an-Naml :19)

Setelah itu Nabi Sulaiman A.S meminta pasukannya untuk berhenti dan untuk mencari jalan yang lain. Pada awalnya mereka bingung namun setelah Nabi Sulaiman A.S menyampaikan apa yang dia dengar akhirnya merekapun memahami apa yang Nabi Sulaiman A.S sampaikan.

Akhirnya Nabi Sulaiman A.S dan para pasukannya mencari jalan yang lain dan para semut itu selamat dan mereka mengkagumi dan menghormati Nabi Sulaiman A.S karena kebijakanya terhadapnya.

Kisah Nabi Sulaiman dan Burung Hud-Hud

Nabi Sulaiman A.S merupakan salah satu nabi yang istimewa karena dia terkenal dengan salah satu mukjizatnya yaitu mampu berbicara dengan binatang. Salah satunya yaitu dengan burung Hud-Hud.

Bahkan kisahnya Nabi Sulaiman A.S dengan burung Hud-Hud telah di abadikan di dalam kitap suci Al-Qur’an yaitu pada Q.S An Naml : 20).

Pada suatu ketika Nabi Sulaiman A.S sedang melakukan suatu pengecekan, akan tetapi dalam pengecekan itu Nabi Sulaiman A.S tidak melihat burung Hud-Hud. Hal ini membuat Nabi Sulaiman A.S mengancam burung Hud-Hud akan menghukumnya jika tidak segera hadir. Hal ini terdapat dalam ayat al-qur’an (Q.S An Naml :21).

Setelah Nabi Sulaiman A.S memberikan perintah bahkan memberikan ancaman kepada burung Hud-Hud namun tidak kunjung datang hal ini membuat Nabi Sulaiman A.S marah. Dan akan memberikan ancaman kepada burung Hud-Hud jika datang tanpa alasan yang jelas.

Kemudian tidak lama kemudian burung Hud-Hud pun datang, dan menceritakan kepada Nabi Sulaiman A.S bahwa ” Dia menjumpai seorang wanita yang memberikan perintah kepada mereka, dan dia juga di berikan anugrah segala sesuatu dengan singgah sana yang besar. Hal ini terdapat dalam (Q.S An Naml : 23).

Akan tetapi wanita tersebut menyembah matahari bukannya Allah Swt yang menjadi sesembahanya. Mendengar penjelasan dari burung Hud-Hud itu Nabi Sulaiman A.S ” Apakah apa yang kamu lihat itu benar atau kamu hanya berdusta” hal ini terdapat dalam (Q.S An Naml : 27)

mukjizat nabi sulaiman

Nabi Sulaiman A.S merupakan salah satu nabi yang mempunyai banyak mukjizat yang Allah Swt berikan, berikut Mukjizat yang Allah SWT berikan kepada Nabi Sulaiman A.S:

1. Memberikan perintah kepada Jin untuk membuat istana

Beliay mempunyai mukjizat yang dapat menundukan dan memerintahkan bangsa jin. Bahkan jin tersebut dapat menemaninya menjadi pasukannya dalam perjalanan Nabi Sulaiman A.S. Hal ini Allah berfirman dalam (Q.S An Naml :17).

2. Menaklukan Angin

Nabi Sulaiman A.S dapat memerintahkan angin untuk tertiup dari arah mana pun yang Nabi Sulaiman A.S perintahkan, Hal ini Allah Swt berfirman dalam Q.S Al Anbiya: 81.

Bahkan angin yang di perintahkan dapat mempermudah perjalananya. Sehingga dengan bantuanyya dapat menghembus cepat dan kencang sehingga bisa mempersingkat waktu tempuh dalam suatu perjalananya. Hal ini juga terdapat dalam quran surat Saba ayat 12.

3. Mukjizat Nabi Sulaiman A.S Mengalirkan Tembaga

Tembaga merupakan salah satu hasil bumi yang berada di dalam perut bumi. Akan tetapi dengan izin Allah Swt tembaga itu dengan mudah Nabi Sulaiman A.S alirkan, bahkan hal ini tercantum dalam (Q.S Saba :12).

Hal ini merupakan salah satu bentuk kuasa Allah Swt yang di tunjukan kepada kaumnya agar dapat membuat mereka lebih taqwa dan yakin akan kuasanya.

4. Mukjizat Nabi Sulaiman A.S yang mampu Bahasa Binatang

Nabi Sulaiman A.S merupakan nabi yang mendapatkan mukjizat yang dapat berbicara dengan banyak binatang. Dan mukjizat yang Nabi Sulaiman A.S dapatkan tidak membuatnya sombong dan lupa diri justru hal ini membuatnya selalu bersyukur kepada Allah SWT.

Banyak binatang yang bisa berkomunikasi dengan Nabi Sulaiman A.S yang di jadikan kisah di antaranya yaitu:

  1. Nabi Sulaiman A.S dengan semut
  2. Nabi Sulaiman A.S dengan burung Hud-Hud
  3. Nabi Sulaiman A.S dengan ikan paus