kisah nabi ishaq A S

Nabi Ishaq A.S

Posted on

Nabi Ibrahim A.S mempunyai dua putra yang menjadi nabi, Dari pernikahan dengan Siti Sarah, Mempunyai Anak Bernama Ishaq dan dari pernikahannya dengan Siti Hajar mempunyai anak Bernama Ismail A.S

Setelah Nabi Ibrahim Dikarunia Seorang Putra dari Istrinya Siti Hajar yang bernama Ismail A.S maka Nabi Ibrahim Berdo’a Agar allah Memberikan Keturunan dari Istri Siti Sarah.

Akhirnya, Para Malaikat Berkunjung kepada nabi Ibrahim dan Disambutnya dengan Baik di ruangan Tamu, Para malaikat itu Menyampaikan bahwa Kelak dia akan Mempunyai Keturuan dari Siti Sarah seorang anak laki laki yang ‘Alim ( berilmu).

Ketika Itu, Siti sarah sempat mendegarkan percakapan nabi Ibrahim dengan Para malaikat bahwa siti sarah akan mempunyai seorang anak, Siti Sarah pun Keheranan, Karna Beliau sudah di ponis mandul dan juga sudah berusia lanjut sekitah 90 th. (Q.s. Hud: 72)

Maka Malaikat Menyampaikan Firman Allah (QS. Adz Dzaariyat: 30) “Demikianlah Tuhanmu memfirmankan. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.” 

 

Kisah ini menceritakan tentang Nabi Ishaq A.S, Setelah Sekian Lama Pernikahan Nabi Ibrahim dengan Siti Sarah Kurang lebih Siti sarah berusia 90th, Akhirnya Siti sarah Di kabarkan akan mempunyai anak, pesan ini di sampaikan oleh Malaikat Jibril sang pembawa Wahyu. Setahun Sebelum Kehamilan.

Baca Juga : Kisah Nabi Nuh A.S

Kelahiran Nabi Ishaq A.S

Di versi lain mengatakan, Saat itu Usia Siti Sarah 91 tahun saat mengandung Nabi Ishaq A.S, dari Garis Keturunan ini lah kelah akan lahir Bangsa Israel dan menguasai Tanah Kan’an ( Israel, Yordania, Lebanon dan Mesir Timur, Palestina, dll)

ketika Nabi Ishaq A.S Berusia 36 tahun, ibunya Siti Sarah Meninggal, dan 4 tahun kemudian Tepat Nabi ishaq umur 40 tahun beliau menikah dengan seorang bernama Ribka atau di kenal dengan nama Lain Sayyidah Rifqah, Sayyidah Rifqah merupakan anak dari Betuel bin nahor (nahor adalah saudara Ibrahim atau Abraham)

Pada Usia 60th beliau Mempunyai Anak Kembar Esau dan Yakub, Yang Kelak Esau ini akan menjadi Anak menantu dari Nabi Ismail. dan nabi yakub kelak akan mempunyai Keturunan 10 diantaranya nabi Yusuf A.s

Baca Juga : Kisah Nabi Yusuf

Nabi Ishaq Tinggal Palestina


Di dalam sejarah mencatat bahwa Nabi ishaq Pernah Tinggal negeri Palestina pada saat kejadian negeri palestina di landa kelaparan dan beliau sempat tinggal cukup lama. dan dinegeri inilah beliau mendapatkan wahyu Kenabian seperti ayahnya ibrahim A.S

karena negeri ini dilanda kelaparan dan kekeringan, Maka nabi ishaq membuat sumur tepat dimana dulu penah di gali oleh nabi ibrahim yang sudah di tutup oleh kaum di negeri palistina.
ada tiga sumur

  1. Esek
  2. Sitna
  3. Rehobot
    dan ketiga nama sumur ini dituangkan dalam alkitab perjanjian lama (Kristen)

Didalam Kitab Suci Al Quranul tidak banyal menjelaskan tentang Nabi Ishaq A.S dan Kaumnya, Tetapi Allah Memujinya dalam alquran :(QS. Shaad: 45-47)

“Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishaq dan Ya’qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi.–Sesungguhnya Kami telah menyucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat.–Dan sesungguhnya mereka pada sisi Kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang paling baik.” (QS. Shaad: 45-47)

Dan Baginga Nabi Muhammad SAW juga memuji Nabi Ishaq Beliau Bersabda :

Yang Artinya : “Yang mulia putera yang mulia, putera yang mulia dan putera yang mulia adalah Yusuf putera Ya’qub, putera Ishaq, putera Ibrahim.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah Sekilas sejarah yang bisa saya sampaikan, Semoga Ada Manfaatnya.

Refrensi Tentang Kisah Nabi Ishaq A.S Bisa Di download Disini
Kisah Nabi Ishaq A.S pdf