Nabi Ilyas A.S

kisah-nabi-ilyas-as

KisahSejarah.id, mengulai Sedikit mengenai kisah keteladanan nabi dan Rasul Allah yang kita percayai , dari kisah 25 nabi yang kita kenal ada beberapa nabi yang di percaya masih hidup hingga saat ini, salah satunya adalah Kisah Nabi Ilyas As. Namun kebenaran akan apakah Nabi Ilyas As Masih menjadi Misteri.

Biografi

Nabi Ilyas As seorang putra dari Yasin bin Finhash yang merupakan keturunan dari Nabi Harun As. Nabi Ilyas As di angkat menjadi seorang nabi oleh Allah SWT dan mendapatkan tugas kepada orang-orang Finisia dan Bani Israel yang pada saat itu menyembah berhala.

Beliau mendapatkan amanat dari Allah SWT untuk mengajak kaum Israil kembali kepada ajaran Allah. Pada Masa itu kaum Bani Israil terkenal dengan kebiasaan menyembah berhala yang bernama Baa. Berhala yang mereka sembah berada tepat di tengah kota sehingga kota itu disebut sebagai kota Baalbak.

Mukjizat

Dikutip dari sebuah buku karya Muhammad Xenoryuki tentang Kisah Nabi Ilyas As menjelaskan beliau mulai dakwah nya kepada kaum Bani Israil mengajak kepada jalan kebenaran sesuai ajaran Allah SWT.Beliau pun berkata kepada kaum Bani Israil:

screenshot_1-1599286

Mendengar seruan tersebut Kaum Bani Israil menjadi marah seraya berkata ” Sesungguhnya kami telah melakukan hal ini karena bapak-bapak kami juga telah melakukan nya, berani sekali engkau meminta kami untuk meninggalkan tuhan-tuhan kami!!”

Kaum Bani Israil secara terang terangan mengejek dan menghina Beliau, bahkan mereka bersekongkol untuk menyingkirkan beliau.Beliau terpaksa harus berpindah-pindah agar terhindar dari kejahatan kaum Bani Israil, sampailah beliau ke sebuah rumah yang di huni oleh keluarga yang sangat baik hati.

keluarga ini menerima Nabi Ilyas dengan baik dan tanpa pamrih, salah satu keluarga ini menderita sakit beliau bernama Ilyasa.Nabi Ilyas As selalu berdoa Kepada Allah SWT memohon untuk kesembuhan Ilyasa , dengan izin dari Allah Ilyasa sembuh dari penyakitnya.

Baca Juga:  Nabi Ishaq A.S

Karena sikap yang di lakukan oleh Nabi Ilyas membuat Ilyasa tertarik untuk mengikuti ajaran Nabi Ilyas As dan beribadah kepada Allah SWT, sejak itu Ilyasa menemani perjalanan dakwah Nabi ilyas.

Tiga tahun berselang dari apa yaang telah dilakukan oleh kaum Bani Israil yaitu mengusir Nabi Ilyas, kaum Bani Israil mengalami kekeringan yang panjang selama tiga tahun, hal ini membuat mereka sangar menderita kelaparan , kekurangan air dan hidup sangat tersiksa,banyak binatang ternak yang mati.

karena dilanda kekeringan yang panjang sehingga tokoh-tokoh masyarakat berkumpul dan membicarakan musibah yang menimpah kota mereka , pada saat itu salah satu kaum Bani israil berkata ” Kita telah di ingatkan sebelumnya oleh Ilyas, namun kita tidak memperdulikannya, bahkan kita sampai mengusirnya, kita harus menemukan Ilyas dan bertobat kepada Allah SWT dan memintanya agar mengampuni kita”.

Seketika itu berbondong-bondong kaum Bani Israil mencari Nabi Ilyas, pencarian dilakukan begitu lama akhirnya menemukan Nabi Ilyas bersama Ilyasa yang menemaninya. mereka memohon kapada Beliau untuk membatu dari penderitaan akibat kemarau panjang yang di alami selama tiga tahun terakahir dan berjanji akan beriman kepada Allah SWT.

Kemudian Nabi Ilyas A.S, berdoa kepada Allah Swt:

screenshot_4-9507865

Kemudian Allah SWT mengabulkan do’a beliau, lalau hujan turun dan sawah ladang menjadi subur kembali serta binatang-binatang berkembang biak dan menurunkan anak-anaknya dengan jumlah yang sangat banyak.

Setelah mereka menerima rahmat dan karunia Allah SWT , kemudian mereka lupa akan rahmat-Nya, dan mereka kembali durhaka, bahkan lebih-lebih dari masa yang sebelumnya.mereka kembali menyembah berhala dan berbuat maksiat.

Pada akhirnya Nabi Ilyas As kembali berdo’a memohon kepada Allah agar kaum Bani Israil mendaptakan azabnya karena telah kembali menyembah berhala dan menyekutukan Allah, tak lama kemudian, mereka tertimpa azab yang sangat pedih dari Allah SWT.

Baca Juga:  Kisah Fatimah Az Zahra

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *