Nabi Ayyub A.S

kisah-nabi-ayyub-a-s

Kisahsejarah.id – Nabi Ayyub A.S merupakan salah satu nabi yang kisahnya banyak mengandung pembelajaran dan suri tauladan yang baik. Maka pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang Kisah Nabi Ayyub A.S.

Nasab Nabi Ayub as

Nabi Ayyub A.S di lahirkan dari seorang ibu yang bernama Aish (Eswa) bin Ishaq bin Ibrahim ( saudara kembar Nabi Yaqub A.S). Sehingga Nabi Ayyub A.S merupakan keponakan dari Nabi Ya’Qub A.S. dan sepupu Nabi Yusuf A.S.

Nasab Keturunan Nabi Ayyub A.S yaitu sebagai berikut: ” Ayyub bin Amus bin Tawih bin Rum bin Ais(Eswa) bin Ishaq bin Ibrahim.

Nabi Ayyub A.S Mendapat Cobaan

Nabi Ayyub A.S merupakan nabi yang mempunyai kesabaran yang sangat luar biasa. Bahkan hal ini membuat iblis iri karena kesabaranya itu ia tetap beribadah kepada Allah SWT. Hal ini membuat iblis geram dan akhirnya meminta persetujuan Allah SWT untuk mencoba menguji kesabaranya.

Kemudian permintaan iblis di kabulkan, dan Akhirnya Allah SWT memberikan ujian kepada Ayyub agar iblis mengetahui tentang kesabaran Ayyub. Namun Ayyub yang penyabar dia tidak pernah melupakan Allah SWT walaupun keadaanya sangat sulit.

Ujian yang pertama Allah SWT berikan yaitu harta yang sangat banyak dan melimpah yang selama ini ia miliki. Harta tersebut semakin lama semakin terkikis habis sehingga membuat kehidupan Ayyub menjadi miskin. Hartanya Habis dalam waktu sekejap. – Kisah Nabi Ayyub A.S

Namun hal ini tidak membuay Ayyub jauh dari Allah SWT, Ayyub tetap beribadah dan mendekat kepada Allah SWT. Dan tidak mengeluh tentang apa yang di hadapinya bahkan Ayyub bersyukur karena mendapatkan keringanan karena Ayyub kadang merada berdosa ketika lupa memberikan santunan kepada anak yatim.

Belum sampai di situ, kemudian setelah kejadian itu Nabi Ayyub A.S di uji dengan Allah SWT mengambil semua anaknya. Setiap hari anaknya mengalami sakit kemudian meninggal sampai tak tersisa anaknya itu. Namun Nabi Ayyub A.S tetap sabar dengan mengganp bahwa semua yang hidup akan mati dan tetap beribadah dab taqwa kepada Allah SWT.

Baca Juga:  Arya Penangsang

Hal itu belum mebuat iblis puas dan iblis meminta kepada Allah SWT agar Nabi Ayyub A.S di beri ujian lagi untuk melihat kesabaranya. Dan akhirnya Allah SWT mengabulkan permintaanya itu.

Kemudian Nabi Ayyub A.S mendapatkan ujian lagi dengan memberikan penyakit kulit di seluruh tubuhnya. Namun hal itu tidak membuat Nabi Ayyub A.S jauh dari Allah SWT. Hal ini membuat Nabi Ayyub A.S tetap taat dan beribadah kepadanya.

Kisah Nabi Ayyub A.S

Karena semua yang terjadi dengan Nabi Ayyub A.S ujian yang bertubi-tubi membuat sahabatnya menjauh. Karena mereka takut tertular dengan penyakitnya sehingga menjauh, hal ini di anggap sebagai tuah dati tuhanya.

Namun ini semua tidak membuat Nabi Ayyub A.S goyah dengan kayakinanya beliau tetap sabar bahkan semakin dekat dengan Allah SWT. Nabi Ayyub A.S meyakini bahwa penyakinya akan Allah SWT sembuhkan

Hal ini belum membuatnya jauh dari Allah SWT kemudian iblis menggodanya dari istrinya. Karena Nabi Ayyub A.S menjadi miskin dan Nabi Ayyub A.S tidak mampu bekerja karena sakitnya maka sang istri bekerja.

Pada awalnya istri Nabi Ayyub A.S bekerja di pabrik roti, namun tak lama di berhentikan oleh majikanya karena takut jika dia akan menulari yang lain karena penyakit suaminya (Nabi Ayyub A.S). Hal ini terjadi beberapa kali.

Bahkan ketika sang istri tidak kerja dan tidak ada yang di makan maka sang istri merelakan menjual rambutnya yang terurai panjang agar mendapatkan uang untuk makan. Hal ini membuat Kisah Nabi Ayyub A.S tidak goyah masih sama tetap taqwa dan beribadah kepada Allah SWT.

Walaupun begitu bertubi-tubi ujian yang Nabi Ayyub A.S hadapi tidak membuat Nabi Ayyub A.S jauh kepada Allah SWT, Nabi Ayyub A.S tetap memohon kepada Allah SWT dan beribadah kepadanya karena kesabaranya.

Baca Juga:  Peninggalan Kerajaan Kutai

Kemudain Nabi Ayyub A.S di uji lagi dari istrinya, kemudian istrinya mendapatkan bujukan dari iblis untuk meninggalkan Nabi Ayyub A.S karena Nabi Ayyub A.S tidak lagi memberikan nafkah. Awalnya istrinya bertahan tak menghiraukan akhirnya istrinya termakan oleh bujukan iblis untuk meninggalkan Nabi Ayyub A.S.

Namun istrinya tidak meninggalkanya hanya saja tidak mau di suruh dan menemaninya. Hal ini membuat Nabi Ayyub A.S bernadzar ” Jika aku sembuh nanti akan ku pukul kamu 100 kali” ucap Nabi Ayyub A.S dengan marah. Namun hal itu tidak di dengar lagi karena sang istri sudah tergoda dengan bujukan iblis.

Setelah kejadian ini Nabi Ayyub A.S yang di tinggal kan istrinya akhirnya meminta kepada Allah SWT untuk memberikan kesembuhan kepadanya.
Hal ini Allah SWT berfirman dalam (Q.S Shood :41) :

suratshoodayat41-9762651

Ayat ini mempunyai Arti “Ingatlah ketika Ayyub menyeru kepada Tuhannya : “Ya Tuhan ! Aku dapat penyakit dan cobaan dari syetan”.

Nabi Ayyub A.S Sembuh Dari Penderitaannya

Selama bertahun-tahun ujian yang bertubi-tubi yang Nabi Ayyub A.S alami tidak membuatnya durhaka kepada Allah SWT. Justru hak ini membuatnya semakin taqwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mulai dari harta yang ia kumpulkan lenyap dalam seketika. Kemudian anak-anaknya yang meninggal semua. bahkan di beri ujian penyakit yang di deritanya bertahun tahun dan masih di tinggalkan istri yang setia. Namun hal itu semua tidak membuatnya jauh dari Allah SWT.

Kemudian Nabi Ayyubb A.S meminta kesembuhan kepada Allah SWT, Hal ini Allah SWT firmankan dalam (Q.S Al-Anbiyaa’: 83-84) :

suratalanbiyaa27ayat83sampai84-6304677

Ayat ini mempunyai arti “Ingatlah kisah Ayyub AS. ketika berdoa kepada Tuhannya seraya berkata : “Ya Tuhanku ! Saya telah ditimpa kemelaratan dan Engkaulah yang lebih Pengasih dari segala yang pengasih”. (Al Anbiyaa’: 83)

Ketika Nabi Ayyub A.S meminta kesembuhan kepada Allah SWT kemudian Allah SWT mengabulkan doanya. Bahkan Allah SWT juga mengembalikan semua harta dan anak-anaknya , bahkan lebih dari apa yang pernah di ambilnya. Hal ini Allah SWT berfirman dalam (Q.S Shood : 42-43)

Baca Juga:  Kerajaan Samudra Pasai

Setelah itu Nabi Ayyub A.S merangkak dan setelah itu menjejakkan kakinya ke tanah. Setelah hal itu di lakukan kemudian memmancarlah air dari nekas injakanya itu. Dan air itu Nabi Ayyub A.S gunakan untuk mandi dan minum sehingga Nabi Ayyub A.S sembuh dari sakitnya. Setelah sembuh Nabi Ayyub A.S mencari istrinya dan akan membayar janji yang pernah di ucapkan kepada istrinya.

Nabi Ayyub Membayar Nadzar

Setelah sembuh dari sakitnya Nabi Ayyub A.S mencari istrinya untuk membayar janji yang pernah di ucapnya. Yaitu akan memukul istrinya 100 kali ketika sembuh karena apa yang telah ia lakukan. Akan tetapi Allah SWT berfirman dalam (Q.S Shod : 144)

suratshoodayat44-7317506

Ayat ini yang mempunyai arti “Ambillah sekerat kayu dengan tanganmu sendiri, lalu pukullah istrimu satu kali, maka Engkau tiada melanggar sumpah. Sesungguhnya Kami mendapat Ayyub itu orang yang sabar. Dia sebaik-baik hamba yang banyak bertobat kepada Allah (Shod : 44)

dalam Kisah Nabi Ayyub A.S ini, Mendengar hal itu kemudian Nabi Ayyub A.S mengambil 100 batang rumput dan diikatkanya menjadi satu kemudian di pukulkan ke istrinya hanya sekali saja. Kemudian istrinya meminta maaf dan mengakui kesalahanya dan memberikan penjelasan bahwa dia melakukan itu semua karna godaan dari syetan.

Kenabian Ayyub AS.

Setelah mendapatkan kembali semua apa yang telah dia punya, maka Nabi Ayyub A.S mendapatkan wahyu dari Allah SWT, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S An Nisa : 163,

suratannisa27ayat163-8382474

Selain itu firman Allah SWT ini juga memberikan keterangan bahwa ada nabi yang Allah SWT berikan wahyu sebelum Nabi Muhamad SAW.

Related Post