Kuil Sulaiman

Kuil Sulaiman

Posted on

Banyak yang belum mengetahui tentang Kuil Sulaiman ini. Maka pada kesempataan kali ini penulis akan membahas tentang Kuil Sulaiman, dan semoga bermanfaat dan dapat mengambil pembelajaran tentang apa yang ada di artikel ini.

Apa Kuil Sulaiman

Kuil Sulaiman merupakan Rumah Ibadah Sulaiman, hal ini juga sering di kenal sebagai tentang Kuil Pertama atau juga sering di sebut sebagai Haikal Sulaiman. Hal ini sesuai dengan kitap suci Yahudi yang telah di pimpin oleh Sulaiman, yang merupakan sebagai raja purba bangsa Israel yang berada di atas gunung Moriah tepatnya di Jerusalem.

Selain itu Haikal Sulaiman juga di jadikan tempat Tabut Perjanjian, selain itu juga di jadikan sebagai titik pertemuan agama yang di lakukan oleh agama Yahudi, yang pada saat itu menyembah tuhan yang di kenal sebagai Yahweh (YHWH).

Kuil Sulaiman merupakan rumah ibadah yang di bangun sejak 960 SM. Namun dapat di musnahkan oleh Penakluk Babvlon. Selain itu Haikal Sulaiman ini bertahan kurang lebih dalam kurun waktu 410 tahun.

Baca juga :Nabi Dawud A.S

Yahudi ingin membangun kembali Kuil Sulaiman

Terdapat pernyataan tentang penelitian yang di lakukan pada reruntuhan yang ada di negri tua Saba yang berada di Yaman Selatan. Selain itu juga pernah berada di kawasann tersebut pernah melakukan perjalanan ke utara yaitu ke Yerusalem.

Hal ini berdasarkan pada riwayat pertemuan Nabi Sulaiman A.S dengan ratu Saba ( merupakan nama yang di berikan kepada raja-raja yang memerintah di Yaman Selatan). Bahkan pertemuan tersebut di kisahkan di dalam Al-Qur’an yang terdapat dalam Surah An Naml ayat 44.

Selain itu berdasarkan keterangan yang ada di Al-Quran dan juga kisah-kisah yang ada di dalam kalangan Yahudi dan Nasrani. Bahwa Nabi Sulaiman (Solomom) mempunyai kerajaan yang sangat istimewa. Dengan istana yang mempunyai karya seni dan barang ataupun benda yang menakjubkan.

Baca Juga : Nabi Sulaiman A.S

Seperti pintu dan gerbang istana yang terbuat dari gelas. Hal ini seperti yang ada di dalam Al-Quran di sebutkan bahwa Ratu Bilqis yang mengangkat pakainya di karenakan di kira air ternyata kaca.

Selain itu menurut pendapat lain bahwa istana Nabi Sulaiman berada di tempat yang sangat luas, dengan bangunan yang megah. Dengan pintu istana yang terbuat dari kayu zaitun dan cemara. Selain itu lantainya terbuat dari kaca dan emas

Bahkan tidak hanya itu bangunannya penuh dengan warna warni seperti hijau, kuning, ungu, biru dan lain sebagainya. Karena menurut Yahudi bahwa warna biru mewakili langit, merah mewakili bumi, sedangkan ungu kombinasi dua warna merupakan pertemuan langit dan bumi.

Dalam Bangsa Yahudi istana Nabi Sulaiman di kenal juga sebagai Solomon Tempel (Istana atau Kuil Sulaiman). Namun untuk saat ini keberadaan kuil tersebut sudah tidak tersisa lagi yang ada hanya ” Tembok Sebelah Barat”.atau yang di kenal juga tembok ratapan (Wailing Wall).

Kuil Sulaiman terletak di sebelah Dome of The Rock yaitu masjid yang di bangun oleh Khalifah Al-Walid dari Dinasti Umayah. Selain itu tempat ini juga pernah di gunkan untuk shalat oleh khalifah Umar bin Khattab. Setelah itu menaruh sebuah batu,dan kemudian di bangun sebuah kubah oleh Abdul Malik yang di kenal dengan nama The Dome of Rock.

Baca juga : 25 Nabi dan Rosul

Menurut kaum Yahudi di Bukit Zaitun yang tepatnya di Masjid Al-Aqsha tempat yang di anggap bagus untuk di bangun kuil Sulaiman. Yang mengaanggap kuil Sulaiman sebagai lambang kekuatan.