kisah nabi shaleh singkat

Kisah Nabi Saleh Singkat

Posted on

Kali ini penulis ingin menceritakan tentang Kisah Nabi Saleh Singkat untuk menambah pengetahuan tentang kisah kisah nabi dan rosul pembawa risalah ajaran agama tauhid di muka bumi.

Pada tahun 2150 – 2080 SM, Di utuslah seorang nabi kepada kaum Tsamud untuk mengajarkan agama tauhid. dialah yang dalam islam kita kenal sebagai Nabi Shaleh dan di alkita di kenal dengan nama Shelah.

Nabi sholeh di beri mukjizat oleh allah yaitu Mengeluarkan seekor unta betina yang di keluarkan dari celah sebuah batu, untuk menunjukkan kebesaran allah kepada kaum tsamud.

Tetapi kaum tsamud tidak mau mengikuti ajaran nabi Shaleh, malah kaum tsamud itu membunuh unta betina tadi, akhirnya kaum itu di azab oleh allah, dengan azab yang maha dahsyat dengan satu kali tempikan malaikat Jibril maka tubuh meraka hancur lebur dan tercerai berai.

Kaum Tsamud adalah suku yang belum kenal tuhan, Kaum itu adalah kaum yang penyembah berhala, maka Allah memilih Nabi saleh untuk menyadarkan mereka, Nabi Shaleh di pilih dari kaum itu sendiri seperti kisah kisah sebelumnya, Seperti Nabi Hud dan nabi Yunus

Lalu Nabi Shaleh mengenalkan Tuhan kepada mereka, yang patut disembah, Tuhan Yang maha Esa, Tuhan yang menciptakan Alam semesta. Dia Menjelaskan Kepada kaum itu bahwa belau adalah pesuruh allah, untuk menyampaikan kebenaran pada kaum itu.

Penolakan Kaum Tsamud

Kaum tsamud sangat Kaget mendengar dakwah nabi Shaleh, bagi mereka ajaran nabi shaleh itu sesuatu yang baru, maka mereka serentak menolak ajaran nabi shaleh. lalu mereka berkata: Wahai Saleh !!! Kami Mengenalmu adalah seorang yang pandai, yang cerdas, Pikiranmu tajam dan pertimbangan mu selalu tepat. Tetapi Harapan dan kepercayaan kami Meleset, itu semua karna tingkah lakumu saat ini !!!

Engkau Menyuruh kami meninggalkan ajaran nenek moyang kami, dan kami tidak akan meninggalkan ajaran kami.kami sudah tidak percaya lagi dengan segala ucapanmu.!!

Nabi sholeh Berkata : Wahai Kaum Ku!!! Aku Peringatkan kepada kalian semua!!! Agar kalian semua jangan menentang allah dan aku mengajak beriman kepada allah SWT,agar allah tidak mengazab kalian semua.

Lalu nabi sholeh menceritakan azab azab kepada kaum sebelumnya, Seperti Kaum Nabi Idris dan kaum Nabi Nuh.

lalu kaum tsamud meminta mukjizad kepada nabi soleh, untuk membuktikan bahwa beliau benar benar nabi.

Kemudian, nabi Shaleh, Dengan Izin Allah beliau memperlihatkan mukjizabnya dengan mengeluarkan Unta Betina dari celah batu, Tetapi Kaum itu tetap menginkarinya, malah kaum itu membunuh unta betina itu.

Azab Kaum Tsamud

dalam Kisah Nabi Saleh Singkat ini, dikisahkan bahwa satu hari sebelum di turunkkannya azab, Nabi shaleh dan pengikutnya pergi ke suatu daerah yang di kenal dengan Ramlah, Palestine dan dia meninggalkan Hijr. Lalu kemudian allah Memerintah Malaikat Jibril untuk Menurunkan Azab kepada kaum Tsamud, Hingga mereka habis dan binasa, Di turunkkanya, halilitar yang mahadasyat dan gempabumi yang sangat menegerikan.

Itulah Sekilas Ulasan Tetang Kisah Nabi Shaleh Singkat, Semoga ada manfaatnya.

Baca Juga :  
Kisah Sahabat Nabi Yang Mulia
Puasa Dalam Islam
Kisah Nabi Adam Singkat