kisah-Nabi-Khidir1

Kisah Nabi Khidir AS

Posted on

Nabi Khidir AS – Beliau merupakan nabi yang amalan nya sangat di cintai oleh Allah SWT. Menceritakan bagaimana kehidupan dan kisah kenabian nya oleh sebab itu mari kita ulas sedikit kisah beliau. Nabi Khidir merupakan Nabi yang diyakini masih hidup hingga sekarang, seperti cerita populer tentang perjumpaannya dengan Nabi Musa dan beberapa orang yang pernah berjumpa dengan nya.

Biografi Nabi Khidir

kisah-Nabi-Khidir

Nama asli beliau adalah Balya Bin Malkan. Beliau lebih dikenal dengan nama julukannya yaitu Khidir yang dimana tempat beliau singgah menjadi hijau.  menurut kitab Al-Baijuri’ala Ibni Qosim oleh Syekh Ibrahim Al-Bajuri yang berbunyi.

Beliau dijuluki demikian karena dimana saja bumi yang beliau duduki, maka langsung menjadi hijau (subur).

Kisah nabi dan rasul ini terdapat dalam surat al-Kahfi ayat 65,

 

Kisah Nabi Khidir dan Musa

 

kisah-Nabi-Khidir-dan-musa

Dalam kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa menceritakan Nabi Khidir menjadi guru Nabi Musa , Nabi  Khidir berpendapat apapun yang dia kerjakan merupakan berdasarkan ilham dari Allah Swt, beberapa hal aneh yang terjadi pada Nabi Musa saat bertemu Nabi Khidir yaitu Anak kecil dibunuh, bangunan hampir roboh di renovasi, dan kapal di rusak.

Baca Juga : Kisah Muhammad Al Fatih

Fakta Mengenai Nabi Khidir

Nabi Khidir dikenal karena memiliki ilmu tinggi dan bijaksana, Beliau menguasai ilmu Laduni yaitu dapat melakukan hal hal apapun yang tidak bisa dilakukan oleh manusia lain, selain itu kemampuan yang paling di kenal dan dikagumi beliau mampu membaca masa depan. Setiap kata-kata beliau mengandung hikmah yang mendalam, oleh sebab itu Allah Swt memerintahkan Nabi Musa untuk berguru dengan beliau sebagaimana bukti bahwa ilmu Allah sangat tak terbatas.

Ketika Nabi Musa Tak Sanggup Bersama Nabi Khidir

Pada awal mulanya Allah memerintahkan kepada Nabi Musa untuk berguru kepada beliau dikarenakan Nabi musa merasa dirinyalah yang paling berilmu tinggi. Dalam perjalanan Musa berguru dengan Nabi Khidir, Nabi Musa dikagetkan dengan beberapa peristiwa yang mana ia belum pernah mengalaminya adapun beberpa peristiwa tersebut ialah Nabi Khidir membunuh seorang anak kecil, merusak kepal dan membetulkan rumah yang hampir rubuh.

Disanalah Nabi Musa merasa dirinya dirinya tak lebih berilmu dari Nabi Khidir dan menyadari akan kesalahannya.

baca juga : Kisah Sunan Ampel

Keistimewaan Nabi Khidir

Sahabat pembaca selain keistimewan beliau yang kita ketahui yaitu berumur panjang, berilmu tinggi dan juga bijaksana ternyata Nabi Khidir memiliki keistimewaan lain berupa sanggup menghijaukan alam dimana kaki beliau melangkah maka tanah tersebut dan sekitarnya akan menjadi rerumputan hijau.

Sebagai muslim kita wajib meyakini Nabi-Nabi Allah tak terkecuali Nabi Khidir , Kisah beliau dan Nabi Musa terdapat di dalam Al-Qur’an, terlepas dari itu mari kita sama-sama mempertebal keyakinan kita kepada Allah dan mari bersama-sama berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjalankan segala perintah Allah SWT.

Demikian Sepenggal Kisah Mengenai Kisah Nabi Khidir, Semoga kita semua dapat memetik hikmah dan manfaatnya, Aamiin.