kisah nabi isa a.s lengkap

Kisah Nabi Isa A.S Lengkap

Posted on

Assalamualaikum sahabat para pembaca kisahsejarah.id pada kesempatan kali ini kami ingin sedikit mengulas sedikit sebuah kisah dari Nabi-Nabi Allah yang memiliki keistimewaan nya masing-masing, Kisah Nabi Isa AS Sang Khalifah Bumi.

Menjadi seorang umat muslim kita di haruskan untuk memiliki iman dan percaya akan adanya Nabi dan Rasul-Rasul yang Allah SWT utus ke dunia sebagai khilafah dan penerang bumi. salah satu Nabi yang mendapatkan mukjizat dari Allah SWT ialah Nabi Isa AS.

Nabi Isa As merupakan Nabi yang memberikan kecerahan dan kedamaian bagi kehidupan umat nya . Nabi Isa As adalah seorang laki-Laki yang telah terlahir dari seorang wanita perawan nan suci yang bernama Maryam.

Maryam merupakan seorang wanita pilihan Allah SWT ia keturunan dari anak-anak Nabi Ya’kub alaihisalam yang di kenal dengan nama (Bani Israil).

Baca Juga : Nabi Ilyasa A.S

Kelahiran Nabi Isa As

kisah kelahiran Nabis As dimulai ketika Maryam (Perempuan Nan Suci pilihan Allah) Menjauhkan dirinya dari keluarganya ke sebuah rungan tersendiri yang kemungkinan merupakan tempat ibadah. Ditempat itu Allah SWT mengutus malaikat untuk menjumpai Maryam dalam bentuk manusia.

Sesosok Malaikat tersebut menjelaskan bahwa dirinya merupakan malaikan utusan Allah SWT yang di utus untuk menyampaikan seorang putra kepadanya, namun Maryam heran, bagaimana dia akan memiliki seorang putra sedangkan dia tidak pernah disentuh oleh laki-laki.

namun kuasa Allah sungguh maha dahsyat dan sangat mudah untuk Allah melakukan nya. kelahiran Nabi Isa As menjadi bukti kekuasaan Allah SWT yang merupakan sebuah rahmat bagi mereka dengan di utusnya nabi yang akan membimbing umat manusia.

Dikisahkan Maryam membawa bayinya itu kepada kaumnya dengan menggendongnya, namun kaumnya mempertanyakan siapakah bapak dari anak Maryam tersebut, seraya menunjuk kepada anak nya yang berada di dalam ayunan.

Dalam Al-qur’an menyebut bahwa Nabi Isa sebagai al-Masih , yang memiliki arti utusan Tuhan. Dalam bahasa Arab diambil dari kata Yasu’ sebagai padanan kata Yesus atau dalam bahasa Inggris disebut Jesus. kata saha-yasihu yang berarti berwisata, Nabi Isa As dikenal sering berpindah-pindah dari tempat yang satu ke tempat lain untuk mengajak manusia ke jalan yang benar.

Baca Juga : Nabi Dzulkifli A.S

Perawakan Nabi Isa

Sahabat Kisah Sejarah, tanda kesitimewaan yang di miliki oleh nabi isa As telihat sejak dirinya masih bayi, dimana dia bisa berbicara untuk menyelamatkan maryam (Ibunya) dari fitnah yang di alaminya. hal Ini merupakan mukjizat pertama yang Allah Swt berikan kepadanya.

Dalam sebuah buku karya Quraish Shihab menyebutkan Al-Masih merupakan sosok yang berpenampilan sedang dengan rambut yang lurus rapih namun dibagian telinga agak keriting, wajahnya tampak berseri, terpancar kasih sayang dan wibawa di wajahnya.

Setiap orang yang melihatnya akan merasa simpati namun juga takut kepada nya.

Baca Juga : Nabi Ishaq A.S

Pembaptisan Nabi Isa As

Sahabat Kisahsejarah dalam sebuah perjalanan dakwahnya Nabi Isa As menemui Nabi Yahya bin Zakaria untuk dibaptis. Penuturan Sami bin Al dullah Al Mughluts, pembabaptisan merupakan suatu istilah dalam agama Nasrani yang berarti memandikan seseorang dengan mandi taubat.

Setelah melakukan baptis maka turunlah Malaikat Jibril yang merupakan tanda awal kenabian nya. setelah kejadian itu , Nabi Isa As pergi menuju padang pasir dan berpuasa selama 40 hari tanpa makan dan minum, Kemudian Allah SWT menurunkan kitap injil Kepada Nabi Isa AS.

Mukjizat Nabi Isa As

Dalam perjalananya Nabi Isa As berdakwah di Galilea, disana kaum Yahudi memintanya untuk menunjukan mukjizatnya yang dimaksudkan untuk memperkuat keyakinan Yahudu akan dakwah dan risalah yang disampaikan.

Atas izin Allah SWT Nabi Isa As membuat seekor burung dan meniupnya alhasil burung tersebut menjadi hidup, selain itu Nabi Isa mampu menyembuhkan orang yang buta , menyembuhkan penyakit kusta dan mampu menghidupkan orang yang mati.

Beliau menegaskan bahwa kemampuan yang dia miliki merupakan atas izin dari Allah SWT, bukan berasal dari dirinya sendiri. (Qs. Ali Imran :48-49).

Baca Juga : Kisah Nabi Ibrahim as

Nabi Isa Diangkat ke Langit oleh Allah

Dalam perjalanan dakwah Nabi isa, ketika mengalami penolakan Bani Israil semakin menjadi-jadi, Nabi Isa As menyingkir dan pergi menuju Baitul Maqdis pada saat hari raya umat Yahudi. Hal ini membuat Pendeta Yahudi marah karena di khawatirkan akan menyebarkan ajaran nya.

Para pendeta itu kemudian berbohong kepada Penguasa Romawi tentang Nabi Isa As yaitu Raja Pilatus pengganti Raja Herodes di Palestina. akibat hasutan tersebut wakil Raja Baitul Maqdis menerima surat dari raja yang berisi perintah untuk membunuh Nabi Isa As.

Wakil raja melakukan pengejaran kepada Nabi Isa As bersama dengan 12 sahabatnya yang dalam Al-qur’an disebut sebagai Hawariyyin. Salah satu dari mereka ternyata berhianat dengan menunjukan persembunyian Nabi Isa, sehingga Nabi Isa terkepung oleh pasukan raja dan kaum yahudi.

Dalam pengepungan tersebut atas izin Allah , kemudian Allah menyerupakan yahudza Persis menyerupai Nabi Isa As, Kemudian prajurit menangkapnya dan menyerahkan kepada raja Pilatus. Mereka membunuh dan menyalib nya seperti yang di kisahhkan dalam (Qs. Al-Nisa : 157-158).

Dalam tafsir Al-Azhar menyebutkan Nabi Isa diangkat kelangit oleh Allah SWT, para ulama mengartikan kata lafal innî mutawaffika yang berarti mengangkatnya dalam keadaan tidur, hal ini juga sebagaimana riwayat Hasan bahwa Rasulullah pernah berkata kepada kaum yahudu bahwa Nabi Isa beum wafat dan akan datang sebelum hari kiamat, Wallahu’alam.

Demian lah sedikit kisah sejarah mengenai Nabi Isa As yang semoga kita semua sebagai umatnya dapat meneladani kisah-kisah nya.