kisah nabi hud

Kisah Nabi Hud A.S

Posted on

Sekitar tahun 2450-2320 SM di yaman hiduplah soerang Nabi yang di utus untuk mentauhidkan kaum ‘Ad yang bertempat tinggal di wilayah al-ahqaf yaman, Beliau adalah Nabi Hud A.S. inilah Kisah Nabi hud

Beliu di kenal dengan ajaran Tauhid Meliputi agama islam, yahudi dan nasrani dan beliau juga di kenal dengan nama Eber dalam kita Perjanjian lama. Beliau hidup selama 150 tahun.

Nasab Nabi Hud

Hud ibnu Abdullah ibnu Ribah Ibnu Khulud ibnu Ad ibnu Aus ibnu Iram ibnu Syam ibnu Nuh A.S ibnu Lamik ibnu matulsalkh ibnu idris A.S ibnu yarid ibnu Mahla’il ibnu qinan ibnu anwas ibnu Syith A.S ibnu Adam A.S

Baca Juga : Kisah Nabi Syits


Suku Aad – Kaum Nabi Hud A.S

Di Sebelah Utam Hadromaut, hiduplah Suatu Suku Jazirah Arab di suatu wilayah bernama Al ahqaf yang ketua sukunya bernama Aad, makanya suku ini di kenal dengan Suku “Aad“, suku uni terkenal dengan kekuatan jasmaniahnya, karna memiliki postur tubuh yang besar besar. Wilayah Ini (al-ahwaf) juga sangat subur sehingga sangat cocok untuk bercucuk tanam untuk bahan makanan dan penghasilan pertumbuhan ekonomi.

karena tanah ini di anugrahi kesuburan, sehingga kaum ini juga dapat menanam bunga bunga yang sangat indah, seperti kebun bunga untuk memperindah wilayah setempat. Wilayah ini juga terkenal akan kemakmuran rakyat sehingga dengan waktu yang terbilang singkat, suku mereka sangat berkembang sehingga menjadi suku yanng terbesar di antara suku suku di wilayah di seketarnya.

Sama Seperti Dari Kisah Sebelumnya, seperti Kisah Nabi Nuh, Kisah Nabi Idris, Kaum Nabi Hud juga belum mengenal Allah tetapi kaum ini masih menyembah Patung patung dan Berhala. dan salah satunya patungnya di berinama “Shamud” dan Al-Hattar.

Menurut mereka Patung patung itulah yang memberikan mereka ketenangan, kebahagian, harta, tahta dll, Sehingga Mengakibatkan Penyimpangan Aqidah dari apa ajaran nabi nabi sebelumnya.

Akibat penyimpangan itu, dan aqidah yang sesat sehingga mereka di kuasai oleh ketemakan dan hati mereka di kuasi oleh iblis iblis yang menyesatkan, mereka tidak lagi memiliki moral, akhlak sehingga mengkaiatkan kerusuhan dalam masyarakat. Mereka menilai orang dari lahirnya saja, dimana yang kuat menindas yang lemah, Timbullah sifat sombong, congkak, dengki, iri yang merajalela.

Lalu allah mengutus Nabi Hud Untuk menyadarkan mereka agar kembali jalan yang benar, jalan agama tauhid, agamanya allah SWT

Atas Perintah Allah SWT, Nabi Hud Menjelaskan Bahwa Beliau adalah pesuruh allah dan menjalankan perintah allah untuk memberi peringatan kepada kaumnya, Tetapi jika mereka tetap Menutup Telinga dan Mata dan tidak mendengarkan apa yang sudah di serukan, maka akan mendapatkan azab dan dibinasakan oleh allah SWT. sebagaimana kaum Nabi Nuh yang di tenggelamkan oleh air Bah.

Baca Juga : Kisah Nabi Nuh A.S

dengan Kecongkakan dan kesombongan kaumnya menolak ajakan dan seruan nabi Hud, dan Bekatalah Kaum hud..!

Wahai Hud !!! ajaran apa yang hendak kami ikuti, dan meninggalkan tuhan kami !!! Sedangkan Tuhan mu tidak dapat kami lihat dengan panca indra Kami!! dan tuhan yang menurutmu tidak bersekutu? dan kembalilah kepada ajaran Nenek Moyang mu.

Nabi Hud Berkata: Wahai Kaum Ku, Sesungguhnya Tuhan yang aku serukan ini adalah allah, yang memerintahkan mu menyembahnya walaupun kamu tidak dapat menjakaunya dengan panca indra mu. tetapi kamu dapat merasakan dan melihat keagungannya, melalui ciptaannya, seperti alam semesta, gunung gunung, langit, matahari, bulan, dan bintang bintang, tumbuhan, binatang dan kesemuanya itu dapat bermanfaat bagi manusia.

Wahai Hud! Apakah Gerangan yang menjadikan engkau berpikiran lain dari apa yang sudah menjadi pegangan hidup kami!!! dan apa yang menjadikan mu meniggalkan ajaran agama nenek Moyang mu? bahkan enkau mengina tuhan tuhan kami dan memperbodoh kami..?

dan engkau mengaku ngaku menjadi rosul dan pesuruh tuhan mu untuk membawa agama dan kepercayaan baru kepada kami. dan tuhan kami akan mengutukmu.

Wahai kaumku! Aku bukanlah seorang pendusta seperti apa yang kalian pikirkan, aku tetap waras dan tidak kurang suatu apapun, dan ketahuilah bahwa patung patung mu itu tidak dapat mendatangkan ganguan atau penyakit atas badanku ini dan juga pikiranku.

Maka percayalah kepadaku, berimanlah kepada allah yang telah menciptakanmu dan menciptakan lagit dan bumi tuhan sekalian alam.

Kaum Aad menjawab: Sekarang kami benar benar yakin bahwa kamu telah mendapatkan kutukan, sehingga engkau menjadi gila.

Nabi Hud Menjawab: Baiklah !!! Jika Engkau meragukan kebenaran yang aku bawa dan tidak menghiraukan dakwahku, maka tunggulah saatnya tiba, Akan terjadi bencana di mana kamu tidak akan terlepas dari bencana itu. dan allah menjadi saksiku bahwa aku telah menyampaikan risalahnya.

baca juga : Kisah Nabi Yunus A.S dan Kaum Niwana


Pembalasan Atas Kaum Aad

Karna Tetap saja Keras kepala dan tidak mengikuti dan mentaati peringatan yang sudah di sampaikan oleh nabi Hud, maka Allah Menurunkan azab kepada kaum itu, dengan dua Peringatan.

  1. Berupa Kemarau panjang, akhirnya Kekeringan Melanda Ladang ladang kebun kebun mereka, Tetapi nabi hud tetap saja mengajak mereka Bertaubat. Tetapi Mereka Tetap Tidak mau.
  2. akhirnya Datanglah Awan Hitam Tebal Yang menggumpal di atas langit yang di kira kaum itu adalah akan turunnya hujan, tapi ternyata adalah Gumpalan Anging topan yang maha dahsyat yang menghacurkan Bangunan bangunan dan rumah rumah mereka, di ikuti dengan suara Gemuruh yang yang mengerikan.

Semua keadaan menajadi kacau, harta benda mereka beterbangan, Suami tidak tau isterinya, isteri kehilangan anaknya, situasi berhamburan, kaum itu lari kesana kemari mencari perlindungan, dan situasi ini terjadi 8 hari tujuh malam, sehingga menyapu bersih Kecongkaan Kaum itu.

Sedangkan Nabi Hud dan para sahabatnya mendapatkan Pertolongan allah, sehingga setelah situasi ini reda dan keaadan menjadi normal, dan tanah al-ahqaf menjadi sepi sunyi, nabi Hub Hijrah Ke suatu Tempat yang di kenal Hadromaut dan beliau menetap disana sampai beliau wafat. dan makamnya di atas bukit kurang lebih 50 km dari kota siwun.

Kisah Nabi Hud Dalam Al-quran

Kisah Nabi Hud diceritakan oleh 68 ayat dalam 10 surah di antaranya surah Hud, ayat 50 hingga 60 , surah ” Al-Mukminun ” ayat 31 sehingga ayat 41 , surah ” Al-Ahqaaf ” ayat 21 sehingga ayat 26 dan surah ” Al-Haaqqah ” ayat 6 ,7 dan 8.

Ini kisah nabi Hud A.S Yang dapat penulis sampaikan, Sebenarnya masih banyak sekali kisah kisah menarik dari nabi Hud ini, Tetapi Karna Kerterbatasan ilmu dan wawasan penulis, Maka ini saja yang dapat penulis sampaikan. Adapun Kebeneran dari kisah diatas. wallahu ‘a’lam bishawab