Kisah-Abu-Nawas-syair

Kisah Abu Nawas

Posted on

Nama Pujanggawan yang terkenal dengan keunikannya, Kecerdasannya dalam menyelesaikan masalah sudah sangat kita kenal, tetapi siapa dia sebenarnya? Dari mana beliau berasal?  itu adalah Kisah Abu Nawas. Dulu ketika saya masih kecil dan tinggal di kampung, nenek saya sering sekali cerita tentang Abu Nawas, Tetapi Nenek Cuma menceritakan Yang lucu Lucu saja.

Aku Ingat Nenekku pernah cerita Tentang Abu Nawas Menyolatkan Jenazah, Ketika Imam Takbir Abu Nawas Rukuk, Pas takbir lagi, Beliau Sujud, Dan seterusnya sampai salam, Akhirnya Jamaah Keheranan dengan apa yang dilakukan abu nawas, Akhirnya salah satu jamaah Menanyakan kenapa kamu Sholat jenazah menggunakan rukuk dan sujud, Dengan Enteng Dia Menjawab bahwa Si mayit Dosanya terlalu Besar, Sehingga dia melakukan Rukuk dan sujud.. Jelas Saja itu cuma akal akalan dia saja.

Salah Satu Hikmah yang saya dapatkan dari cerita itu, bahwa nenek saya ingin menyampaikan bahwa sholat Mayit tidak menggunakan Rukuk dan sujud, Tetapi Cukup Dengan Berdiri Saja, Nah Begitulah orang dulu mengajarkan ilmu agama kepada cucu cucunya.

Akhirnya saya Ingat dengan kisah kisah itu, Lalu saya mencari refrensi untuk mengenal Lebih Detail Siapakah Sebenarnya Abu Nawas itu? dan bagaimanakah Kisah Abu Nawas ?

 

Biodata Abu Nawas

Kisah-Abu-Nawas

Kelahiran

Abu Nawas mempunyai nama lemgkap yaitu Abu Ali Al Hasan ibn Hani Al-Hakami. Selai itu abu nawas dilahirkan pada tahun 747 M. Abu Nawas merupakan anak yatim yang terlahir dikota Ahvas , (Iran).Akan tetapi setelah ayahnya meninggal Abu Nawas kemudian dibawa ibunya untuk pergi kekota Basra(Irak).Selain itu Abu Nawas disana belajar berbagai ilmu di antaranya ilmu Al-Qur’an, sastra Arab, ilmu hadits, dan memperdalam ilmu agama.

Memulai Karier di Bagdad

Setelah itu tidak lama belajar Abu Nawas bertemu dengan Walibah ibn Habib Al-Asad. Kemudian setelah itu Abu Nawas mendapatkan pembelajaran dari Walibah ibn Habib Al-Asad agar dapat memperhalus bahasa yang digunakan. Selain itu Abu Nawas pergi ke Kufah untuk belajar dengan orang-orang arab.

Karena hal itu Abu Nawas di kenal dengan puisinya yang  lucu dan jenaka yang di sukai banyak orang. Banyak karya yang di hasilkan yang banyak di sukai di antaranya yaitu puisi yang bertema padang pasir dan lain sebagainya.

Baca juga : Umar bin Abdul Aziz RA

Pertaubatan

Di masa mudanyan Abu Nawas mempunyai kehidupan yang suka dengan hura-hura dan berpesta pra, bahkan Abu Nawas menyukai dunia malam dan juga merupakan seorang pemabuk berat. Walaupun sebenernya Abu Nawas belajar tentang ilmu agama namun hal ini tidak menutup kemungkinan.

Ada beberapa syair-syair karyanya yang dapat di ketahui tentang kehidupanya di masa mudanya.  Abu Nawas banyak bercerita tentang hal minuman, cinta, wanita dan lain sebagainya. Akan tetapi walaupun Abu Nawas seorang pemabuk namun Abu Nawas mempunyai kepandaian dalam menciptakan syair yang luar biasa.

Pada suatu ketika Abu Nawas membawakan puisi tentang Kafilah Banu Mudhar, akan tetapi puisi yang di bawakannya menyinggung sang Khalifah itu. Sehingga karena hal ini Abu Nawas akhirnya di penjarakannya. Karena kejadian ini Abu Nawas di penjara dan kehidupan di pernjara membuatnya bertaubat sehingga puisi karyanya berubah menjadi religius.Puisi yang Abu Nawas buat tentang  ke agaman yang membuat hatinya tenang.

Baca Juga : Wanita Pengukir Sejarah Islam

Karier Kesastraan

Banyak sastrawan besar dan salah satu sastrawan terbesar dalam literatur Arab klasik yaitu Abu Nawas. Selain itu Omar Khayam, dan Hafiz adalah penyair dari Persia. Banyak karya-karya Abu Nawas, selain itu juga Abu Nawas menemukan sastra dalam bentuk mu’amma.

Selain itu karena puisi-puisi yang menggunkan tata bahasa arab maka Abu Nawas di kenal dengan kepengaranganya. Sehinga membuat Abu Nawas mencoba membuat skandal masarakat dengan secara terbuka dengan hal-hal yang tidak boleh dalam islam. Banyak karya yang Abu Nawas di antaranya tentang kehidupan kota dengan tema utamanya yaitu anggur, cinta, perburuan, kebebasan dan lain sebagainya.

Hal ini membuat karya Abu Nawas di jadikan pembaharuan puisis Arab yang pada saat itu pada masa Bani Umayah (661-750). Karena hal ini di anggap penting sebagai seniman, yang di jadikan sebagai puisis sebagai ekspresi.

Baca Juga : Kisah Fatimah Az Zahra

Syair Al-I’tiraf

Kisah-Abu-Nawas-al-iktirop

Tema-tema puisi

Anggur

Banyak penyair yang ada di Persia-Arab dan salah satunya adalah Abu Nawas. Abu Nawas membuat teks melalui metafora dengan melalui kepribadian dengan menggunakan kosa kata yang rumit. Misalnya saja dengan pandangan akan minuman, bar dan biara,dan lain sebagainya.

Cinta

Selain itu Abu Nawas juga membuat puisi tentang cinta, erotisme, pengendalian diri dan kekutan. Abu Nawas dapat membuat puisi ketika pembaca maka akan seperti merasakan hal itu terjadi.

Agama

Setelah Abu Nawas keluar dari penjara, hal ini membuat Abu Nawas menciptakan puisi-puisi tentang agama. Banyak karyanya tentang agama di antaranya yaitu pertaubatan, masa penantian di hari tua, dan lain sebagainya.

Baca juga : Utsman bin Affan RA

Contoh Puisi

Banyak karya puisi yang di ciptakan salah di antaranya yaitu :

  • Kegembiraan dari Bagdad
  • Apakah kamu mencintaiku?
  • Ampun, dan lain sebagainya.