Kisah ABDUL MUTHALIB dan AIR ZAM ZAM

Kisah ABDUL MUTHALIB dan AIR ZAM ZAM

Posted on

Kisah ABDUL MUTHALIB menemukan AIR ZAM ZAM – Abdul Muthalib adalah Kakek Nabi Muhammad SAW. Didalam kisah dikatakan bahwa air zam zam pernah kering dan hilang selam 500 tahun lamanya, di dalam kisah ini di ceritakan bahwa Abdul Muthalib bermimpi di suruh menggali.

Air Zam Zam Merupakan kisah leluhur kaum Qurais yaitu nabi ismail AS bin Ibrahim AS, Dan kisah ini sudah kami tulis di Kisah Nabi Ibrahim as dan karna Keserakah dan Kelaliman Masyarakat jahiliyah, Air zam zam HIlang hingga 500 Tahun.

Mimpi Pertama tak begitu jelas bahwa iya di berikan mimpi suruh menggali, Malam Berikutnya beliau bermimpi hal yang sama, di suruh menggali lagi, dan mimpi itu berulang sampai 3 kali.

Setelah mimpi ketiga beliau bermimpi lagi bahwa dalam mimpi itu di sebutkan zam zam. akhirnya beliau datang ke dekat ka’bah untuk mencari tempat penggalian.

Menemukan sumber air zam zam

Setelah mencari cari, karna sangking lamanya, zam zam sudah tidak ada, sudah 500 tahun lamanya bahwa zam zam telah menjadi legenda di kalang bangsa arab waktu itu, terutama di kalangan Kaum qurais.

Akhirnya Abdul Muthalib melihat seokor burung yang sendang terperangkap disana, kakinya terlilit oleh tali, dan kakinya di gigit oleh semut, dan dilihatnya ada sebuah lubang kecil dibawah kaki burung itu, akhirnya ia memerintahkan kepada anaknya untuk menjaganya, dan mengalihkan perhatian orang orang.

Baca Juga : Kisah Sahabat Nabi Yang Mengagumkan

Banyak orang yang bertanya apa yang di lakukan oleh abdul muthalib ini, sementara abdul muthalib menggali lubang tersebut, akhirnya penggalian pun di lakukan, tidak terlalu dalam, akhirnya dia menemukan patung rusa terbuat dari emas dan sebuah pedang terbuat dari emas,

Dan setelah menggali lagi, dengan izin allah air memuncrat dari dari bumi, yaitu sumber mata air Zam zam, Beliau Girang bukan kepalang, Karna Beliau bisa menemukan Mata air tengah Gurun Pasar Seperti Di Mekah ini.

Pengakuan Kaum Quraisy

Dan Akhirnya kaum qurais mengatakan bahwa air zam zam itu milik bersama, tetapi abdul muthalib ini menolak, akhirnya singkat cerita, masalah ini di bawa kepengadilan untuk memutuskan siapa yang berhak memiliki air zam zam tersebut.

Mereka Mencari seseorang Ahli Nujum atau Dukun di Kota madinah yang terkenal untuk meminta petunjuk atas air zam zam, Sesampainya di kota madinah, Si dukun tidak ada di tempat, tetapi sedang ada di khaibar, Akhirnya mereka berangkat ke khaibar.

di tengah perjalan stok makanan dan minuman habis, akhirnya mereka musyawarah, karna mau kembali ke madinah sudah jauh, sedangkan mau ke khaibar mereka belum tau jalannya. akhirnya di ambilah kesepakatan bahwa mereka akan menggali kuburan mereka sendiri, dan yang terahir mati tidak di kuburkan.

Tetapi abdul muthalib tidak setuju dengan kesepakatan itu, lalu ia naik di atas untanya, dan unta itu menginjak ijak padang pasir, dengan izin allah, dari bawah kaki unta itu, keluarlah air, kemudian abdul muthalib minum dan memberi minum untanya.

kemudian dia mempersilahkan qaum qurais untuk minum air tersebut, akhirnya kaum qurais menyatakan bahwa air zam zam itu adalah milik abdul muthalib setelah kejadian tersebut. dan akhirnya mereka pulang ke kota mekah.

dan tanpa disadari bahwa abdul muthalib di hormati seperti raja di kota mekah.

nah itulah kisah abdul muthalib yang menemukan air zam zam, kisah ini berlanjut sampai kisah abdullah bin abdul muthalib mengiringi kelahiran nabi Muhammad SAW. Wallahu a’lam bish-shawabi

Baca Juga : Kisah Perang Nabi Muhammad SAW