kerajaan singasari

Peninggalan Kerajaan Singasari

Posted on

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang sejarah singkat ,peninggalan kerajaan Singasari, Runtuhnya.

Sejarah Singkat

Kerajaan Singasari adalah Kerajaan yang di bangun oleh Ken Arok,yang berdiri pada tahun 1222 M. dan awalnya di bawah kekuasaan kerajaan Tumapel di bawah kekuasaan seorang Bupati (Akuwu).

Singasari mencapai puncak kejayaannya di bawah Raja Kertanegara pada tahun (1268-1292) yang diberi gelar Maha raja dhiraja Kerta negara Wira Krama Dharmo Tunggal.

Peninggalan kerajaan Singasari

Candi singasari

Candi ini berada di kecamatan singasari, kabupaten Malang letaknya pada lembah di antara pegunungan Tengger dan gunung Arjuna dIsebutkan dalam kitab Negarakertagama serta prasasti Gajah Mada pada tanggal 1351M

Di halaman komplek candi ini adalah tempat “Pendharmaan” para raja singasari.sang raja Kertanegara meninggal pada tahun 1292 saat di serang oleh raja Gelang-Gelang.

Candi Jago

Jago adalah Candi yang terkenal ceritanya adalah candi yang tersambar petir, candi ini bentuknya cukup unik,candinya di susun berundak-undak.dan refiel-refiel Kunjarakarna dan Pantara dapat di temui di candi ini.

Candi Sumberawan

Sumber awan adalah sebuah STUPA yang di temukan di daerah Jawa Timur, candi ini adalah peninggalan kerajaan singasari yang di gunakan oleh umat Budha pada waktu itu, dan candi ini terletak di dekat Telaga yang airnya sangat Jenih, karena keindahannya candi ini di berinama Candi Sumberawan.

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Samudra Pasai

Arca Dwarapala

Arca ini adalah sebuah batu yang di bentuk Monster dengan sangat besar dan menurut kisah-kisah penjaga situs ini.Arca Dwarapala merupakan tanda jika kita sudah masuk wilayah kotaraja.

Prasasti Manjusri

Prasasti Manjusri adalah seperti batu yang di pahat pada bagian belakang Arca Manjusri,bertarikh sekitar tahun 1343 M, yang pada awalnya di letakan di Candi Jago dan yang sekarang di simpan di musium Nasional Jakarta.

Prasasti Mula Malurung

Prasasti Mula Malurung merupakan piagam penganugrahan pengesahan desa Mula Malurung untuk tokoh ksatria Pranaraja.dan prasasti ini berupa lempengan tembaga yang di buat kerta Negara pada tahun 1255,sebagai raja muda di kediri atas titah ayahnya Wisnuwardhana sebagai raja singasari.

Lempengan-lempengan prasasti itu di temukan pada waktu yang berbeda.pertama di temukan pada tahun 1975 sebanyak 10 lempeng di kediri,Jawa Timur.dan yang kedua pada thn 2001 sebanyak 3 lempeng di loak barang bekas.semua prasasti tersebut kini di simpan di Musium Nasional Indonesia.

Prasasti Singasari

Pada tahun 1351 M, ditemukan di singasari , Malang, Jawa Timur.kemudian sekarang di simpan di Musium Gajah yang di tulis dengan aksara JAWA.

Prasasti di tulis untuk mengenang pembangunan sebuah Caitya atau di kenal dengan candi pemakaman yang di lakukan oleh maha Patih Gajah Mada.

Candi Jawi

Letak Candi ini di tengah jalan raya di antara kec, pandaan dan kec, prigen, pringebukan.Canci Jawi merupakan tempat pendharmaan atau penyimpanan abu dari raja terahir singasari.dua candi ini berdekatan dengan candi Jago yang merupakan tempat ibadah Raja Kertanegara.

Prasasti Wurare

Prasasti Wurare merupakan sebuah prasasti yang isinya penobatan arca mahaksbhya di sebuah tempat Wurare.prasasti ini di tulis dalam bahasa sansekerta, pada tahun 1211 saka, Prasasti ini di buat untuk menghormati Raja Kertanegara dan keturunannya untuk mencapai Nirwana.

Candi Kidal

Candi kida d bangun untuk penghormatan atas jasa besar raja singasari kedua Anaspati yang tewas di bunuh oleh panji tohyjaya sebagai perebut kerajaan singasari dan di yakini dari kutukan keris Empu Gandring.

Raja kerajaan singasari

Ken Arok

Ken Arok adalah raja pertama Singasari yang pada awalnya adalah akuwu tumapel yang berhasil memenangkan peperangan kemudian mendirikan kerajaan singosari.

Anusapati

raja Anusapati adalah Raja selanjutnya yang memimpin kurang lebih 20 tahun 1227-1248.dan Anusapati mati di tangan Tohjaya yang membalaskan kematian ayahnya, Ken Arok.

Tohjaya

Tohjaya menjadi raja setelah berhasil membunuh Anusapati dan menjadi raja tidak lama karena terjadi pemberontakan yang di lakukan oleh Ranggawuni dan Mahesa Cempaka.pada waktu pemberontakan tersebut Tohjaya terluka parah kemudian meninggal.

Baca Juga : Sejarah Perang Padri

Ranggawuni

Meninggalnya Tohjaya maka tahta jatuh pada Ranggawuni yang di dampingi Mahesa Cempaka.Ranggawuni memimpin Singasari pada tahun 1248-1268 dengan tentram dan damai.

Raja Terkenal Kerajaan Singasari

dari banyak raja – raja yang memimping kerajaan Singasari ada beberapa raja yang sangat terkenal di antaranya

Anusapati

Anusapati adalah putra dari Tunggul ametung yang di bunuh oleh Ken Arok.Anusapati menjadi raja di singasari hanya kurang lebuh 21 tahun,sampai terdengar berita bahwa anusapati adalah pembunuh ken arok oleh tohjaya putra dari ken arok.kemudian anusapati di makamkan di candi kidal malang.

Tohjaya

Raja Tohjaya memerintah singasari hanya 1 tahun karena harus mengahadapi pemberontokan Ronggowuni ptra ANUSAPATI yang merasa lenih berhak memimpin kerajaan singasari yang di dampingi patihnya Mahesa Cempaka.

Rongoowuni

Ronggowuni ini bergelar Sri jaya Wisnuwardhana,dalam masa kepimimpinannya di dampingi oleh Mahesa Cempaka yang bergelar Ratu Anggabaya.semasa ronggowuni menjadi raja rakyak hidup aman dan tentram dan meninggal pada 1268 masehi.dan di makamkan juga di Candi Jago.

Kertanegara

raja Kertanegara ini di beri gelar Sri Maharaja Sri Kerta negara raja ini paling terkenal setelah raja pertama Ken Arok.

Baca Juga : Kebudayaan dan Ras Di Indonesia

Masa Kejayaan Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari Jaya setelah rajanya di pimpin oleh Anusapati.rajanya adalah bergelar Wisnuwardhana dan menyerahkan kerajaan tersebut kepada Yuwaraja Kertanegara dan memindahkan ibukota kutaraja ke singasari yang sekarang menjadi bagian dari wilayah Malang.

Kemudian kerajaan tersebut karajaan singasari dan ini adalah satu satunya raja yang menerima tampuhan tahta tanpa pertumpahan darah dan peprangan.

Kekuasaan yang tentram dan damai di buktikan dengan sebuah prasasti Kudadu.kemudian Ken Arok yang menjadi raja Singasari dan di beri gelar Wangsa Rajasa.raja pertama yang membuat kerajaan di Jawa Timur pada tahun 1268-1292.

Kitab Peninggalan Kerajaan Singasari

Dalam mempelajari sumber sejarah kerajaan singasari bisa di lihat dari berbagai macam peninggalannya antara lain dari prasasti,catatan,karyasastra maupun bangunan candi.

Kitab Pararaton

Dalam kitab ini berisi di ceritakan mitos dari riwayat Ken Arok, Kitab ini berisi cerita mitos daririwayat Ken Arok yang penuh keajaiban hingga riwayat raja-raja Singasari.

Kitab Negara kertagama

Mpu Prapanca Pada Tahun 1365 Masehi Mengarang Kitab Kertagama yang Menceritakan tentang Perkembangan dan Kebudayaan Kerajaan Majapahit dan menceritakan tentang raja raja Singosari

Kidung Harsawijaya

Kidung ini menceritakan tentang kisah Raja Jayakatwang selaku samantharaja yang di akui kepatuhannya terhadap raja Kertanegara tetapi dalam sejarah mencatat bahwa pada akhirnya Jayakatwan Berhianat pada Kertanegara.

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Kediri

Corak Kerajaan Singasari

Ken Arok menjadi Raja di Singasari dan terus berlanjut menjadi Kerajaan Majapahit terdapat beberapa perbedaan

Pararaton

Ken Arok atau sering di sebut juga Rajasa Sang Amurwabhumi (1222 – 1247)
Anusapati (1247 – 1249)
Tohjaya (1249 – 1250)
Ranggawuni alias Wisnuwardana(1250 – 1272)
Kertanegara(1272 – 1292)

Nagarakertagama

Rangga Rajasa Sang Girinathaputra (1222 – 1227)
Anusapati (1227 – 1248)
Wisnuwardhana(1248 – 1254)
Kertanegara (1254 – 1292)

Runtuhnya Kerajaan Singasari

Kerajaan ini runtuh sedang bersiap-siap mengirimkan pasukannya ke luar Jawa untuk memperbaiki pertahanan dalam negeri, dan pada tahun 1292 terjadi pemberontakan oleh Jaya Katwang yang merupakan sepupu, sekaligus besan dari Kertanegara sendiri. Dalam pemberontakan tersebut terbunuhlah Kertanegara. ini lah Cikal Bakal Kerajaan Majapahit

Sumber Sejarah Kerajaan Singasari

Sumber sejarah kerajaan ini adalah Kitab Pararaton, Kertagama, Prasasti, Peninggalan Berupa Candi.

saya adalah seorang penulis dan terus ingin terus belajar, agar bisa menjadi penulis yang baik dan dapat bermanfaat untuk orang lain.