Kerajaan Pajang

Kerajaan Pajang

Posted on

Kisahsejarah.id – Kisah Kerajaan pajang ini berawal dari gelar seorang pejabat yang bernama Bhatara i Pajang ibu dari Wikramawardhana merupakan adik perempuan Hayam Wuruk (raja majapahit). Beliau Adalah Pejabat Penguasa Wilayah Pajang.

Menurut sejarah, dan cerita rakyat bahwa kisah kerajaan pajang terjadi ketika pertempurana antara Joko Tingkir atau sultan hadi wijaya melawan aryo pinangsang di bantu oleh ki pemanahan dari kerajaan Demak pada tahun 1554M.

Lalu Sultan hadi Wijaya Memenangkan Pertempuran tersebut, kemudian mendirikan sebuah kerajaan di wilayah pajang, dan di beri nama kerjaan Pajang.

Sajarah Singkat

Kerajaan Pajang merupakan sebuah kerjaan yang terbentuk akibat adanya perang antara kerjaan Majapahit dengan Kerjaan Demak. didalam peperangan tersebut gugurlah Andayaningrat oleh Sunan Ngundung, sejak kejadian itu kerajaan Pengging dibawah kekuasaan Demak.

Raja dari kerajaan pengging Raden kebo Kenanga yang bergelar Ki Ageng pengging dihukum mati karena di anggap memberontak terhadap kerajaan Demak. ki Ageng Pengging sendiri memiliki putra yang bernama Jaka Tingkir.

Donwload Materi : Peran Jaka Tingkir Dalam Kerajaan Pajang

Jaka Tinggir memiliki prestasi yang cemerlang sehingga ia di angkat menjadi menantu oleh Raja Demak yang kebudian ia menjadi bupati Pajang yang memiliki gelar Hadiwijaya.

Perebutan kekuasaan terjadi di kerjaan Demak setelah meninggalnya Raja Demak trenggana pada tahun 1546 . Kerjaan demak kemudian dipimpin oleh Sunan Prawoto yang naik tahta namun beliau di bunuh oleh Arya Penangsang yang tak lain adalah sepupunya.

Arya penangsang merupakan Bupati Jipang pada tahun 1549 berambisi menjadi raja dan berencana untuk membunuh Hadiwijaya namun gagal. didukung oleh Ratu Kalimayat yang merupakan Bupati Jepara dan istrinya kemudian Hadiwijaya berhasil mengalahkan Arya Penangsang .

Setelah berhasil mengalahkan Arya Penangsang selanjutnya Hadiwijaya menjadi Raja Demak. Dibawah kepemimpinan Hadiwijaya kota Demak kemudian di pindahkan ke Daerah Pajang.


Wilayah Kekuasaan

Pada Masa Pemerintahan Kerajaan Pajang daerah kekuasaannya meliputi jawa tengah. Namun setelah kematian Sultan Trenggono Wilayah Jawa Timur Mulai Melepaskan Diri dari kekuasaan kerajaan Demak. Tak Lama berselang raja Pajang bertemu dengan Adipati dari Jawa Timur .

Dari kerjadian itu Kerjaan Pajang Memperluas wilayah kekuasaan nya yang mana awalnya hanya Jawa Tengah namun kini telah mencakup wilayah Jawa tengah dan Jawa Timur.


Peran Wali Songo

Wali Songo Merupakan tokoh ulama Islam yang memiliki banyak sekali peranan dalam perkembangan kerjaan Demak. Wali Songo ikut dalam mendirikan Kerjaan Demak dan menentukan kebijakan politik Kerjaaan Demak.

Pada masa pemerintahan Demak setelah meninggalnya Raja Demak Trenggana wali songo mulai memudar peran nya , bahkan salah satu wali songo yaitu Sunan Kudus ikut terlebibat dalam pembunuhan Sultan Prawoto yang merupakan raja pengganti Trenggana di demak.

Meskipun begitu wali yang lain masih memiliki peran seperti : Sunan Prapen yang menjadi pelantik Raja Hadiwijaya , beliau juga menjadi mediator adipati jawa timur dengan Hdiwijaya.

Sunan Kalijaga membantu Ki Ageng Pamanahan yang meminta hak tanah Mataram atas hadian menumpas Arya penangsang kepada Hadiwijaya.

Sunan Kudus Sepeningal Raja Hadiwijaya, Beliau menyingkirkan Pangeran Benawa dan menggantikan dengan Arya Panggiri.


Pemberontakan Mataram

Pada saat pengumuman sayembara dalam menumpas Arya penangsang Raja Hadiwijaya memberikan Tanah Mataram dan Pati kepada siapapun yang berhasil menumpas Arya penangsang. menurut beberapa sumber Arya Penangsang tewas bertarung dengan Ki Penjawi dan ki Agen Pemanahan.

Pada tahun 1549 ki Penjawi diangkat menjadi Raja Pati sedangkan Ki Ageng pemanahan sendiri menjadi penguasa mataram pada tahun 1556 berkat bantuan dari Sunan Kalijaga.

pada tahun 1575 mataram di pimpin oleh Sutawijaya yaitu Putra Ki Ageng Pemanahan. Dibawah kepemimpinan sutawijaya mataram menjadi semakin berkembang.

Pada tahun 1582 terjadi peperangan antara kerajaan Pajang dengan mataram hal ini disebabkan karena sutawijaya membela Tumenggung Mayang yang merupakan adik iparnya karena terkait hukuman buang ke semarang yang di lakukan oleh Hadiwijaya.

Meskipun pasukan Kerajaan pajang berjumlah lebih besar dari mataram namun peperangan ini di menangkan oleh Mataram.

Baca juga : Kerajaan Majapahit


Runtuhnya Kerajaan Pajang

Pada tahun 1582 Raja Hadiwijaya meninggal, sepeninggal beliau terjadi persaingan perebutan kekuasaan menajadi raja baru pajang yang terjadi antara Arya pangiri dan pangeranan benawa. kemudian pada tahun 1583 dibantu oleh Sunan Kudus Arya pangiri berhasil naik tahta menajdi raja.

pada mas pemerintahan Arya Pengiri beliau disibukan dengan usaha balas dendam kepada Mataram hal ini berakibat rakyat Pajang menajadi terabaikan hal ini membuat Pangeran benawa mejadi prihatin.

Pada tahun 1586 Pangeran benawa bersekutu dengan Sutawijaya dan menyerbu kerjaan pajang yang kemudian peperangan ini di menangkan oleh pangeran Benawa yang menjadi raja ketiga Pajang.

pada tahun 1587 pangeran benawa meninggal , karena tidak adanya putra mahkota yang menggantikan, sehingga kerjaaan pajang menjadi bawahan mataram , pangeran Gagak Baning yang merupakan adik sutawijaya menjadi bupati pajang.


Nama Raja Raja Pajang

Nama nama raja yang pernah memerintah kerajaan pajang antara lain:

  1. Jaka Tingkir atau Hadiwijaya beliau memerintah pada tahun 1549 hingga 1582.
  2. Arya pangiri atau Ngawantipura Beliau memerintah pada tahun 1583 hingga 1586.
  3. Pangeran Benawa atau Prabuwijaya beliau merupakan raja ketiga yang memerintah pada tahun 1586 hingga 1587.


Sumber Sejarah

Kerajaan Pajang
Saya adalah seorang haus akan ilmu, Ingin selalu belajar dan berusaha memberikan manfaat kepada diri sendiri dan orang lain.