peninggalan kerajaan majapahit

Kerajaan Majapahit

Posted on

Didalam Ilmu sejarah mencatat bahwa, Kerajaan Terbesar di Indonesia yang meliputi pulau pulau, daratan dan bahkan konon dalam sejarah mengatakan bahwa kerajaan ini meliputi, sumatera, pulau jawa, sampai kalimantan, kerajaan ini di kenal dengan nama : Kerajaan Majapahit.

Beberapa kisah juga menyebutkan wilayah kekuasaan Kerajaan majapahit ini sampai ke bagian timur indonesia, yaitu wilayah Papua dan NTT, kerajaan ini berpusat di Pulau Jawa, Tepatnya di Jawa Timur. dan dalam rentang waktu yang cukup lama yaitu: 1293 masehi sampai 1500 M.


Sejarah Singkat

Berdirinya Majapahit

Asal Muasal Berdirinya Majapahit adalah tidak terlepas dari kisah panjang, di mulai dari runtuhnya kerajaan Singosari yang runtuh ketika bertempur melawan pasukan pasukan Kediri yang dipimping Oleh Jaya Katwang selaku Adipati Kerajaan Kediri.

Anak Mantu Kertanegara (Raja Singosari) Menyerah kepada Jaya Katwang dan di ampuni oleh jayakatwan lalu di beri lahan di hutan Tarik (Madura) dan membangun Sebuah Desa Majapahit yang asal musalnya di ambil dari buah maja, dan Buah Maja ini rasanya sangat pahit, Akhirnya Desa tersbut di berinama Majapahit

Dari situlah di menghimpun Kekuatan untuk melawan Jayakatwang yang meruntuhkan Singgasana Kerajaan Singosari, dan Dengan politiknya, akhirnya Raden Wijaya Bersukutu dengan Pasukan Mongol, Lalu Terbentuklah Sebuah Pasukan Yang dahsyat antara pasukan madura dan militer Mongol, untuk melawan Kerajaan Kediri (jayakatwang).

Akhirnya Jayatwang Tumbang, Lalu Pasukan Madura atau pasukan Raden Wijaya Mengusir Sekutunya yaitu Pasukan Mongol Kenegeri Mereka dengan cara melakukan Penyerangan terhadap Pasukan Mongol.

Lalu Raden Wijaya Mendirikan Kerajaan baru Yang di berinama Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit Berdiri Pada Tahun 1293 M, Raja Pertamanya adalah Raden Wijaya dan di nobatkan Pada Tanggal 10 November 1293 Masehi dan diberi Gelar Kertarajasa Jayawardhana.

Setelah Raden Wijaya Wafat Kekuasaan di pimpin oleh putranya yaitu Jayanegara, dan itu tidak bertahan lama, dia dibunuh oleh Tanca , Tanca adalah Seorang Tabib kerajaan. yang Seharusnya menggantikan Kedudukan adalah ibu tirinya yaitu Gayatri Rajapatni.


Mahapatih Gajah Mada

Tetapi Gayatri Rajaptni tidak mau berkuasa melainkan Keluar dari Kerajaan Menjadi Seorang biksuni, Lalu Yang Menjadi Penguasa adalah Tri bhuwana Wijaya tungga dewi anak perempuan Gayatri Rajapatni, dan pada keratuan inilah di tunjuklah Gajah Mada Sebagai patih Majapahit.

pada saat itu Gajah mada Mengucapkan Sumpah Palapa, untuk memperluas wilayah kekuasaan majapahit sampai kepulauan di luar pulau jawa. setalah Tribhuwana wafat tahun 1350 M, kerajaan di pimpin oleh putranya yaitu Hayam Wuruk.

Kejayaan Majapahit

Di bantu Oleh Maha Patih Gajah Mada, Maja Pahit Mengalami Kejayaan yang luar bisanya, hingga kekuasaannya sampai ke Nusantara dan menguasai banyak wilayah hingga ke Sumatera dan Kalimantan, dan di kisah lain di sebutkan juga kekuasaannya sampai ke Tumasik singapura dan sebagian wilayah kepulauan Filipina.

Selain Melakukan peperangan Majapahit juga menempuh jalur diplomasi untuk melakukan persekutuan Seperti Siam, Kerajaan Sunda dll, hingga kekuasaan majapahit terbentang luas dari sumatera sampai ketanah papua. dan saat ini sudah menyebarlah Ajaran agama islam di bawa Oleh Pedagan dari Arab.


Militer dan Persenjataan

Keris

Perkembangan Persenjataan di jaman ini sudah mengalami kemajuan seperti Keris dengan bahan dasar yang lebih baik, keris juga di gunakan untuk tanda kebesaran, dan keris ini menyebar sampai penjurua nusantara, Militer Juga Memiliki Senjata Tombak, Panah dan pedang

Meriam Cetbang Majapahit

Pada masa kerajaan ini pula sudah mampu membuat senjata Meriam Cerbang, Catbang ini berukuran kecil, Kerajaan juga sudah mampu membuat Meriam Lancaran yang ukuran besar.

Pasukan Elit

Bhayangkara adalah nama pasukan elit kerajaan majapahit yang mengemban tugas untuk melindungi raja dan keluarganya serta kaum bangsawan, tetapi mereka ini juga tetap mengikuti pertempuran di medan perang jika di butuhkan.

Download : Hikayat Banjar ( kisah Polemik Kerajaan Majapahit)

Kebudayaan

Kebudayaan pada masa kerajaan ini memakai kebudayaan keraton yang “adiluhung ” dari bahasa sangsekerta yang artinya “anggun atau bernilai lebih” yang mempunya jiwa seni dan sastra bahasa yang halus,

Trowulan Merupakan Ibu Kota Majapahit dan sangat terkenal dengan perayaan Keagamaan yang laksanakan setiap tahun oleh, Agama budha, Agama Siswa dan Waisnawa (pengikut dewa Wisnu), Di dalam Nagarakertagama tidak menyebutkan adanya islam.

Islam Mulai Masuk setelah terjadi Diplomasi dengan kerajaan tetangga, seperti Kerjaan Siam, Kerajaan yang lain, lalu masuklah islam ketanah jawa.

Arsitektur pada masa ini sudah cukup maju, Bicara tentang Seni arsitektur majapahit lebih unggul di bandingkan dengan kerajaan kerajaan Sebalummnya, Majapahit bisa di katakan Ahli dalam Membangun Candi candi dan memanfaatkan hasil kekayaan alam.

Gaya bangunan dan Arsitektur penggalan majapahit saat ini anda bisa lihat dengan bagunan gerbang jawa dan bali.


Ekonomi

Pada Era Kerajaan Majapahit, Ekonomi sangat pesat karna Majapahit merupakan Negara agraris dan sekaligus pusat perdangan terbesar pada saat itu, karena pajak dan denda sudah di bayar menggunakan uang tunai.

Pemerintahan Raja pertama majapahit sekitar tahun1300an, Mata Uang Dalam Negeri Di ganti Menjadi Mata Uang Kepeng yang import dari china sabagai alat transaksi, karena pada waktu itu, uang perak dan keping Emas tidak Cocok untuk transaksi di pasar pasar lokal, Mengingat Tingkat Harga mata uang yang cukup Mahal.

Di era ini, Mencari lapangan Perkerjaan juga bisa dikatakan tergolong mudah, Mulai dari pengrajin Emas, Perak, Penjual Minuman, Tukang Jagal dan pada masa ini pula populasi untuk mencari pendapatan di luar dari pertanian bisa di katakan mudah.

Menurut catatan Wang Ta-Yuan ( Pedagang Tiongkok) Komoditas Ekspor Kerajaan Mapahit adalah Lada, Garam, Kain, Burung, Sedangkan Komoditas Impornya : Mutiara, Emas, Perak, Sutra, besi, Tembaga, Timah bahkan kerajaan Istana di hiasi dengan Mutiara dan emas.

Faktor Fator Yang Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi

Kemakmuran di era ini di sebabkan Oleh beberapa faktor:

  1. Sungai Berantas dan Sungai Bagawan Solo, Sangat Cocok untuk Menanam Padi, Sehingga Di bangunlah Irigasi untuk perairan pertanian
  2. Pelabuhan di pantai utara jawa, sangat berperan untuk Komoditas Eksport Import bahkan untuk Jual Beli Rempah rempah sebagai Perdagangan, dan pelabuhan ini juga di gunakan sebagai pusat pangkalan Jual Beli atau transaksi.

di dalam kitab NagaraKertagam menyebutkan, Kemashuran dari Penguasa Wilwatika (Majapahit) sangat menarik pedangang asing seperti India, Khmer, china dan Siam.

Raja-raja Majapahit

Sejarah Mencatat bahwa Raja raja Majapahit adalah penerus Tahta Kerajaan Singosari, Berikut nama nama Raja Majapahit;

Raja-raja Majapahit

Warisan sejarah

Legitimasi politik

Kerajaan Demak atau Kesultanan Islam di Demak, Kesultanan Pajang, dan Kerajaan Mataram Berusaha Untuk mendapatkan Legitimasi Politik atas Wilayah Kekuasaan mereka dengan menjalin Hubungan dengan majapahit.

Beberapa Simbol Negara Indonesia yang berasal dari Element-element Masa Majapahit, Contoh:
1. Bendara “Merah Putih” kadan di sebut “Dwi Warna”
2. Bendera Armada Kapal TNI AU bergaris merah Putih
3. Semboyan Nasional ” Bhenika Tunggal Ika” di kutip dari Kitab Mpu Tantular


Arsitektur

  1. Sepasang Patung, Di Depan Gerbang Kuil Di Jawa timur ( Museum Of Asian )
  2. Pendopo
  3. Pure di bali
  4. Penyempurnaan Batu Bata
  5. Gaya Bangunan di Keraton Kesepuhan Cerebon
  6. Menara Masjid Kudus dll


Sumber Refrensi Sejarah

Raja-raja Majapahit
Raja-raja Majapahit Sumber Refrensi Sejarah

Download Refrensi Kerjaan Majapahit