Peninggalan Kerajaan Islam

Peninggalan Kerajaan Islam

Posted on

kisahsejarah.id, Hai sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kami ingin mengulas sedikit tentang peninggalan Kerajaan Islam yang ada di Indonesia. Islam merupakan agama yang menjadi mayoritas di nusantara atau di indonesia.

Penyebaran agama islam ini tentunya tidak terlepas dari peran para tokoh islam yang kita kenal dengan wali Songo. Untuk Lebih Detail Selahkan Baca Artikel Pangeran Diponegoro

Dalam penyebaran agama Islam di Indonesia Para Walisongo merangkul semua aspek kebudayaan dalam usaha penyebaran agama Islam. Hingga kini terdapat sekali peninggalan – peninggal kerajaan islam yang ada di indonesia yang kini menjadi kisah sejarah yang bisa kita warisan kepada anak cucu kita.

Islam memiliki bermacam- macam peninggalan sejarah yang masih dirawat hingga saat ini. apa saja peninggalan sejarah islam yang masih ada, mari kita ulas bersama – sama.


Bangunan Masjid

Islam memiliki bangunan bersejarah dari jaman penyebaran agama islam pertama di indonesia yang kini masih di rawat sampai saaat ini, beberapa contoh di anatara nya antara lain :

Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel sendiri merupakan peninggalan Kerajaan Islam yang terletak di Semapir, surabaya Jawa Timur. Masjid Sunan Ampel ini didirikan pada tahun 1421 oleh Sunan ampel. Masjid ini dibangun dengan desian yang sangat kokok terdiri dari 16 yang berdiameter 60 Centimeter Pilar Kayu memiliki tinggi 17 Meter. Didekat Masjid Sunan Ampel ini terdapat Makam Sunan Ampel dan KH.Mas Mansyur.

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak ini merupakan peninggalan kerajaan Islam yang di bangun pada tahun 1479 oleh kesultanan Demak bersama Wali songo.
Masjid agung ini terletak di Desa Bintoro, Demak ,Jawa tengah. Bangunan Masjid ini memilki 4 Tiang Penyangga.

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Demak

Masjid Agung Cirebon

Masjid Agung Cirebon Merupakan peninggalan kerajaan Islam yang didirikan pada tahun 1480 oleh Sunan Gunung Jati.Bangunan Masjid ini memiliki desain 9 Pintu, Hal ini untuk melambangkan Jumlah wali 9 atau wali songo.

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus ini dibagun pada tahun 1549 Oleh Sunan Kudus. Bangunan Masjid ini memiliki kisah unik yang dimana Batu pertama yang diletakan untuk pembangunan masjid ini didatangkan dari Masjid Al-Aqsha.keunikan Lain nya pada bangunan ini yaitu dengan menggunanakan Tanah sebagai perekat bangunan.

Masjid Aguang banten

Masjid Agung Banten ini merupakan peninggalan kerajaaan Islam Yang didirikan pada tahun 1560 oleh Sultan Maulanan Hasanuddin. bangunan masjid ini didesain oleh Tjek Ban Tjut yang berasal dari China. Desain bangunan ini memiliki bentuk seperti pagoda dan memiliki Payung besar raksasa seperti yang ada di Masjid Nabawai.

Masjid Katangka

Masjid Katangka ini didirikan pada tahun 1603 oleh Pihak kerajaan Gowa, sulawesi Selatan. Desian dari bangunan masjid ini memiliki kubah yang mirip joglo, terdapat empat tiang penyangga. Masjid ini telah beberapa kali mengalami perbaikan yaitu pada tahun 1816,1844,1963,1971,1989 dan 2007.

Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh ini merupakan peninggalan kerajaan islam yang di bangunpada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda .desain madjid ini memiliki diding dan pilar relief, tangga Marmer dari china.Masjid ini juga memiliki Payung raksasa seperti masjid Raya banten.

Baca juga : Kisah Kerajaan Samudra Pasai

Masjid Sultan ternate

Masjid Sultan Ternate merupakan peninggalan kerajaan islam yang dibangun pada abad ke 17. Masjid ini dibangun pada kepemimpinan Sultan Zainal Abidin.

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan merupakan peninggalan kerajaan Islam yang di bangun pada tahun 1906 oleh Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam.

Masjid Raya Ganting padang

Masjid Raya Ganting ini merupakan Peninggalan Kerajaan Islam yang di bangun pada tahun 1700 di daerah Ganting, padang sumatra Barat.

Masjid Gedhe Kauman

Mashid Gedhe Kauman ini merupakan peninggalan kerajaaan islam yang dibangun pada 29 Mei 1773 M atau 6 Rabi’ulakhir 1187H oleh Sri Sultan Hamengku Buwono dan Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat serta Kyai Wiryokusumo

Masjid Agung Surakarta (Surakarta)

Masjid Agung Surakarta Merupakan Masjid Peninggalan keraajaan Islam Yang dibangun pada tahun 1763 dan selesai tahun 1768 oleh Sunan Pakubuwono III.

Masjid Sendang Duwur

Masjid Sendang Duwur Merupakan Masjid yang dibangun pada tahun 192- oleh Sunan Sendang Duwur yang memiliki nama Asli Raden Noer Rahmad beliau merupakan anak dari Abdul Khohar Bin Malik Bin Sultan Abu Yazid

Masjid Mantingan (Jepara)

Masjid Agung Mantingan merupakan sebuah masjid yang terletak di Jepara Jawa tengan , Masjid Ini di bangun pada tahun 1559 M oleh Ratu Kalinyamat.


Keraton

Pura Paku Alaman

Pura Pakualaman Merupakan istana Kecil Yang berada di kadipaten Paku Alaman, bangunan Ini Di bangun pada tahun 1813 dan selesai pada tahun 1950 oleh GPA Paku Alam.

Keraton Surakarta hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan sebuah Istana yang terlatak di surakarta ,Jawa Tengah. Keraton ini didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II sebagai ganti Keraton Kartasura yang Hancu.

Pura Mengkunegara

Pura Mengkunegara Merupakan Istana Kadpaten Praja mangkunegara yang terletak di surakarta. Istana inni di bangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara I.

Keraton Banten

Keraton Banten peninggalan keraaajan Islam yang di bangun pada tahun 1522 hingga 1526 oleh Maulana Hasanuddin .


Makam dan Batu Nisan

Selain masjid dan keraton yang menjadi peninggalan kerajan islam, ada beberapa makam yang menajdi peninggalan kerajaan Islam, Berikut ini merupakan contoh nya:

  1. Makam Gunung jati Cirebon, Jawa Barat.
  2. Makam Sunan Tembayat Klaten, Jawa Tengah.
  3. Makam Troloyo , Mojokerto, Jawa timur.
  4. Makam raja mataram, Imogiri, Yogyakarta , Jawa Tengah.
  5. Makam Sultan hasanuddin , Gowa, Sulawesi Selatan.
  6. makam Sunan Bonang , Tuban, Jawa Timur.

Baca Juga : Kisah Runtuhnya Kerajaan Tarumanegara

Berikut ini beberapa nisan peninggalan kerajaan Islam yang saat ini masih di jaga dan di lestarikan :

  • Nisan Makam Fatimah binti Maimun 1082M, lerang , Gresik , Jawa Timur.
  • Nisan Makam Sultan Malik Al Saleh yang berasal dari Samudra Pasai 1297M.
  • Nisan makam maulanan Malik Ibrahim 1419M, Gresik Jawa Timur.
  • Nisan makam 1380M dan 1389M , Munje Tujoh, Aceh Utara.

Nah Itulah sahabat Kisahsejarah.id, sedikit ulasan mengenai Peninggalan Kerajaan Islam yang ada di indonesia, semoga memberikan manfaat kepada pembaca sekalian.

Saya adalah seorang haus akan ilmu, Ingin selalu belajar dan berusaha memberikan manfaat kepada diri sendiri dan orang lain.