Candi Borobudur

Candi Borobudur

Posted on

Kisahsejarah.id – Kali ini saya akan menceritan sedikit pengetahuan tentang Sejarah Candi Borobudur

Mengenal Candi Borobudur

Candi borobudur yang bangun pada masa dinasti sailendra merukapakan candi budha mahayana yang didirikan sekitar abad ke-9 di Magelang jawa tengah, Indonesia. Kuil ini juga merupakan salah satu kuil terbesar di dunia.

Candi Borobudur mempunyai aset di antaranya: 504 patung Budha, Di bagian Kubah Utama terdapat 72 patung budha, dan candi ini juga di hiasi oleh 2672 panel yang menarik yang menjadi daya tarik tersendiri di dalam candi ini.

Baca Juga : Si Lancang anak durhaka

Candi ini merupakan candi yang menganut arsitektur Budha Jawa yang mempunyai konsep bahwa “sang budha untuk mencapai nirwana” dengan nuansa arsitektur budha yang di begitu indah nan elok, sangat jelas bahwa seni bangunan ini merujuk pada seni gupa India.

dengan kepiawaian arstektur seni candi, walaupun menganut Seni Gupta tetapi sang arsitektur sangat menampilkan kebudayaan sehingga element asli yang di tampilan menjadi ciri khas indonesia.

Monument Terbesar Dunia

Monumen ini merupakan tempat suci bagi yang beragama Budha sekaligus tempat Ziarah bagi kaum Budha. dan monumen ini merupakan Monument terbasar didunia hingga saat ini.

Perjalanan Ziarah

Perjalan Ziarah ketika Mengikuti ritual umat Budha di Candri Borobudur berawal dari dasar untuk naik ketiga tingkat Candi Borobudur, yang di kenal dengan Simbol Kosmologi Budha.

  1. Kamandhatu ( Dunia Keinginan)
  2. Rupadhatu (Dunia Bentuk)
  3. Arupadhatu ( Dunia Ketidak Berwujudan /Goib)

Peziarah akan di pandu melalui tangga dan koridor yang di lengkapi dengan 1460 panel Rilef narative di dinding koridor dan langkan. dan candi ini juga merupakan candi terlengkap yang mempunyai ansambel releif budha terbesar di dunia.

Bukti Sejarah

Runtuhnya Kerajaan Hindu di jawa pada abad ke 14 lalu di conversi menjadi Jawa Islam, dan pengetahuan ini di catat Oleh Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814 yang saat itu penguasa inggris di jawa.

Baca Juga : Misteri Saranjana

Dan Sejak itu candi borobudur di restorasi pada tahun 1975 dan 1982 oleh pemerintah Indonesia dan UNESCO dan sahkan Sebagai Menumen Atau Situs Warisan Dunia